Kamis 25 Aug 2022 20:42 WIB

Bailly Jadi Korban Kehadiran Lisandro Martinez di Lini Belakang MU

Bailly menjadi pemain kelima yang hijrah dari MU

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Erick Bailly
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Erick Bailly

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Eric Bailly resmi meninggalkan Manchester United pada jendela transfer musim panas kali ini.

Bek tengah asal Pantai Gading itu akan melakoni masa peminjaman di Olimpique Marseille selama satu musim penuh, lengkap dengan opsi perekrutan permanen pada akhir masa peminjaman.

Selain tiga pemain yang meninggalkan United lantaran telah habis kontrak, Bailly menjadi pemain kelima yang hijrah dari Stadion Old Trafford.

Sebelumnya, United telah meminjamkan Dean Henderson, Alex Telles, dan Alvaro Fernandes ke klub lain, mulai dari Preston North End, Nottingham Forest, hingga Sevilla. Selain itu, Setan Merah juga melepas Andreas Pereira.

Namun, berbeda dari empat pemain lain, Pereira hijrah ke Fulham secara permanen dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 9,50 juta euro. Proses bersih-bersih di skuad United pun berlanjut dengan kepergian Bailly.

Berdasarkan lansiran Transfermarkt, Marseille rela merogoh kocek sedalam dua juta euro sebagai dana kompensasi peminjaman Bailly.

Kabarnya, Marseille bisa mengubah status kepindahan Bailly apabila bek tengah Timnas Pantai Gading itu memenuhi kuota jumlah penampilan dan mengantarkan Marseille lolos ke putaran grup Liga Champions musim depan.

''Eric Bailly telah bergabung bersama klub kontestan Ligue 1, Marseille, untuk sisa musim kompetisi 2022/2023. Semua pihak di United berharap yang terbaik buat Eric dan terus memantau perkembangannya'' tulis pernyataan United di laman resmi klub, Kamis (25/8).

Kepergian bek tengah berusia 28 tahun ini bisa dibilang sebagai dampak langsung dari kehadiran Lisandro Martinez. Dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 46 juta poundsterling, Setan Merah merekrut bek tengah asal Argentina itu dari Ajax Amsterdam pada pertengahan Juli silam.

Kehadiran Martinez membuat Bailly tersisih dan kesulitan untuk bisa bersaing dalam perebutan di tim inti United. Mantan bek tengah Villarreal itu diketahui berada di urutan kelima dalam pilihan pemain pelatih Erik ten Hag di lini belakang Setan Merah, setelah Raphael Varane, Martinez, Harry Maguire, dan Victor Lindelof.

Bailly mulai memperkuat United pada 2016 silam. Saat itu, Setan Merah menebus Bailly dengan nilai transfer mencapai 30 juta poundsterling. Mantan bek tengah Espanyol itu diketahui menjadi pemain pertama yang didatangkan Jose Mourinho saat menukangi United.

Tampil apik pada paruh pertama musim 2016/2017, performa Bailly terganggu cedera lutut pada paruh kedua musim debutnya bersama United. Sejak saat itu, Bailly kerap kesulitan untuk bisa tampil konsisten dan mengamankan posisi di tim inti The Reds.

Pada musim lalu, Bailly tercatat hanya tampil di tujuh laga di semua ajang lantaran sempat mengalami cedera engkel. Dalam enam musim terakhir membela United, Bailly berhasil mempersembahkan satu trofi Piala Liga Inggris, trofi Community Shields, dan titel Liga Europa.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement