Kamis 25 Aug 2022 20:06 WIB

Phil Foden Puji Arteta Sosok Pelatih Jempolan

Foden mengingat kiprah Arteta saat masih menjadi asisten pelatih Manchester City.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: AP/Ian Walton
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang serang Manchester City Phil Foden menunjukkkan kekagumannya pada pelatih Arsenal Mikel Arteta. Foden pernah melihat langsung kualitas kepelatihan Arteta.

Beberapa tahun lalu, sang arsitek merupakan asisten Pep Guardiola di City. Tepatnya pada 2016 hingga 2019. Selama periode tersebut, Foden menilai Arteta sudah menunjukkan bakat sebagai juru taktik jempolan.

Baca Juga

"Luar biasa. Anda tahu, saya ingat bekerja dengannya setelah pelatihan, tentang beberapa hal yang perlu saya tingkatkan. Saya tahu betapa bagusnya dia sebagai pelatih. Jelas dia pelatih yang hebat," kata sosok yang juga bisa berperan sebagai winger itu, dikutip dari Football London, Kamis (25/8/2022).

Arteta naik kelas sejak Desember 2019. Ia menggantikan tugas Unai Emery di klub asal London Utara. Kini pria Spanyol itu telah mendampingi the Gunners dalam 134 pertandingan. Selama periode tersebut, ia meraih 74 kemenangan. Ia juga merasakan 38 kekalahan. Sisanya 22 partai berkesudahan imbang.

Arsenal dalam tren positif. Sepanjang musim 2022/23 bergulir, kubu Meriam London mendapatkan hasil sempurna. Bukayo Saka dan rekan-rekan menang dalam tiga laga beruntun di Liga Primer Inggris. Itu membuat pasukan Arteta berada di singgasana klasemen sementara. Berikutnya, the Gunners akan menjalani laga derbi London. Pada pekan keempat, tim Gudang peluru menjamu Fulham di Stadion Emirates, Sabtu (27/8/2022).

Sementara City tertahan di tangga kedua. Foden dkk mengoleksi tujuh poin dari tiga laga setelah terakhir ditahan imbang oleh Newcastle United. Sang juara bertahan meladeni ketangguhan Crystal Palace dalam laga berikutnya. Duel tersebut berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement