Sabtu 27 Aug 2022 05:35 WIB

Blackburn Rovers Siapkan Ruang Sholat Khusus di Ewood Park

Langkah Blackburn Rovers siapkan ruang sholat di stadion mendapat apresiasi.

Red: Agung Sasongko
Muslim di Inggris sholat berjamaah di Stadion Ewood Park milik klub sepak bola Blackburn Rovers.
Foto: About Islam
Muslim di Inggris sholat berjamaah di Stadion Ewood Park milik klub sepak bola Blackburn Rovers.

REPUBLIKA.CO.ID, BLACKBURN -- Klub sepak bola Inggris Blackburn Rovers menyediakan ruang sholat bagi para fan Muslim di Ewood Park, stadion sepak bola di di Blackburn. Klub memberikan akses ke ruang sholat bagi fan Muslim untuk menjalankan ibadah sholat Maghrib dalam laga Piala Carabao melawan Hartlepool awal bulan ini.

Pihak klub mempercayakan pemegang tiket musiman Hafiz Zayd untuk memimpin sholat pada pukul 20.55 waktu setempat, tepat saat babak kedua berlangsung. Dalam cuitannya di twitter, Blackburn Rovers menyampaikan, semua Muslim dewasa menjalankan sholat wajib 5 waktu setiap hari.

Baca Juga

"Bagi para fan Muslim kami, kami memahami bahwa menjalankan sholat adalah kewajiban dan kami bangga memiliki ketentuan untuk menyediakan ini selama acara apa pun di Ewood Park," demikian cuitan Blackburn Rovers di akun twitter resminya, dilansir Eastern Eye, Jumat (26/8/2022).

Cuitan tersebut untuk menyampaikan pentingnya memastikan penggemar memiliki ruang sholat selama pertandingan. Legenda Blackburn Rovers, David Speedie, termasuk di antara mereka yang memuji inisiatif klub tersebut.

"Sungguh klub yang luar biasa. Bangga menjadi bagian kecil dalam klub yang ramah keluarga dan hebat ini," kata Speedie, yang berperan penting dalam promosi klub ke Liga Premier pada 1992, di akun twitternya.

Tak hanya Speedie, para penggemar sepak bola di seluruh dunia juga mendukung inisiatif itu. Di media sosial, banyak warganet yang merespons inisiatif tersebut. Seperti Farhan, yang menaruh hormat pada klub Blackburn Rovers.

"Sikap Anda yang luar biasa dengan komunitas Muslim dan komunitas lain di Inggris menjadikan saya salah satu penggemar Anda karena pesan sosial yang luar biasa yang Anda bawa. Blackburn terbaik untuk segera kembali ke Liga Premier, tempat di mana Anda berada," kata warganet lain, Mohammad Bin Hamad.

Awal tahun ini, Blackburn Rovers menjadi klub sepak bola pertama di negara itu yang membuka pintunya bagi Muslim lokal untuk menyelenggarakan sholat Idul Fitri di lapangan. Klub tersebut bahkan menyediakan perjalanan gratis serta makanan dan minuman untuk menandai akhir Ramadhan.

Klub diketahui memiliki ruang ibadah multi-agama yang terbuka untuk semua fan kapan saja pada hari pertandingan. Berbasis di Blackburn, Lancashire, Blackburn Rovers bersaing di Kejuaraan EFL, tingkat kedua dari sistem liga sepak bola Inggris. Klub Blackburn Rovers didirikan pada 1875, menjadi anggota pendiri The Football League pada 1888 dan Liga Premier pada 1992.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement