Sabtu 27 Aug 2022 19:00 WIB

Rajut Keharmonisan Gajah dan Manusia Lewat Dongeng dan Film

Gajah masih eksis di Sumatra.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Muhammad Hafil
Rajut Keharmonisan Gajah dan Manusia Lewat Dongeng dan Film. Foto:   Gajah Borneo (ilustrasi)
Foto: borneo-island-borneo.blogspot.com
Rajut Keharmonisan Gajah dan Manusia Lewat Dongeng dan Film. Foto: Gajah Borneo (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hari gajah sedunia dirayakan pada 12 Agustus 2022. Memperingati itu, kegiatan "Gajah dan Manusia Hidup Harmonis" yang merupakan edukasi tentang gajah bagi para siswa sekolah dasar di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Rangkaian acara berlangsung Juli-September 2022, salah satunya penyampaian dongeng oleh seniman dongeng sekaligus pendidik Inug Dongeng. Para siswa SD yang menjadi peserta acara mendapatkan buku saku tentang gajah Sumatra, juga mendapatkan bingkisan jika menang dalam kuis tentang gajah.

Baca Juga

Sedikitnya 400 siswa dari delapan sekolah dasar akan mendengarkan dongeng dari Inug. Para siswa berasal dari SDN 1 Desa Jadimulya, SDN 1 Desa Sido Makmur, SDN 2 Desa Sido Makmur, SDN 1 Desa Banyubiru, SDN 2 Desa Banyubiru, SDN 1 Srijaya Baru, MI Nurul Huda Desa Srijaya Baru, dan SDN 1 Sukamulya.

Selain menggelar pertunjukan dongeng, rangkaian kegiatan yang ada termasuk pembuatan lagu dan film dokumenter. Film akan menampilkan cuplikan pertunjukan dongeng oleh Inug, pandangan pakar gajah, pemerintah desa, tokoh masyarakat, guru, serta siswa.