Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Yordania Serukan Penghentian Pelanggaran Israel di Kompleks Masjid Al Aqsa

Selasa 30 Aug 2022 10:49 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Yordania Serukan Penghentian Pelanggaran Israel di Kompleks Al Aqsa. Foto;   Petugas polisi Israel mengawal sekelompok pria Yahudi mengunjungi Temple Mount, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Tempat Suci, di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, selama ritual berkabung tahunan Tisha BAv (kesembilan dari Av) hari puasa dan hari peringatan, memperingati penghancuran kuil kuno Yerusalem, Ahad, 7 Agustus 2022.

Yordania Serukan Penghentian Pelanggaran Israel di Kompleks Al Aqsa. Foto; Petugas polisi Israel mengawal sekelompok pria Yahudi mengunjungi Temple Mount, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Tempat Suci, di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, selama ritual berkabung tahunan Tisha BAv (kesembilan dari Av) hari puasa dan hari peringatan, memperingati penghancuran kuil kuno Yerusalem, Ahad, 7 Agustus 2022.

Foto: AP/Mahmoud Illean
Israel diminta Yordania hentikan pelanggaran di Masjid Al Aqsa.

REPUBLIKA.CO.ID,AMMAN -- Yordania menyerukan diakhirinya segera pelanggaran Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, Ahad (28/8/2022) lalu.

"Penyusupan pemukim ke Situs Suci merupakan pelanggaran mencolok dan tidak dapat diterima, terhadap hukum internasional, serta status quo bersejarah dan hukum di Yerusalem dan kesuciannya," ucap Juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania,Haitham Abu Alfoul, dikutip di Anadolu Agency, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga

Juru bicara itu mengatakan Departemen Wakaf Yerusalem yang dikelola Yordania adalah badan hukum yang bertanggung jawab untuk mengelola urusan Al-Aqsa.

Pada Maret 2003, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Raja Yordania Abdullah II menandatangani perjanjian. Hal ini memberi Yordania mandat untuk mempertahankan Yerusalem dan tempat-tempat sucinya.

Tak hanya itu, perjanjian itu juga sekaligus menegaskan peran Yordania, sebagai pelindung tempat-tempat suci kota itu.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut daerah itu sebagai "Gunung Kuil", mengklaim bahwa itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Sejak 2003, kepemimpinan Israel mengizinkan pemukim masuk ke kompleks tersebut hampir setiap hari.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Akibatnya, mereka mencaplok seluruh kota pada 1980, dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.  

Sumber:

https://www.aa.com.tr/en/middle-east/jordan-calls-for-halting-israeli-violations-at-jerusalem-s-al-aqsa-complex/2671263

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile