Selasa 30 Aug 2022 19:12 WIB

Studi: Minuman Berenergi Bisa Picu Penggumpalan Darah, Tingkatkan Risiko Kardiovaskular

Asupan minuman berenergi tampak ada kaitannya dengan komplikasi kardiovaskular.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman berenergi (Ilustrasi). Konsumsi minuman berenergi bisa memicu mekanisme yang mengarah pada pembentukan gumpalan darah.
Foto: pixabay
Minuman berenergi (Ilustrasi). Konsumsi minuman berenergi bisa memicu mekanisme yang mengarah pada pembentukan gumpalan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggumpalan darah memang bermanfaat saat cedera atau terluka karena berfungsi membendung pendarahan. Namun, ketika gumpalan darah terbentuk di dalam pembuluh darah tanpa alasan yang jelas, itu bisa menjadi pertanda komplikasi serius.

Gaya hidup dan pola makan tak sehat bisa mendorong hal itu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Surgical Research menemukan bahwa konsumsi minuman berenergi bisa memicu mekanisme yang mengarah pada pembentukan gumpalan darah. Peneliti mencatat, asupan minuman berenergi telah terlibat dalam sejumlah komplikasi kardiovaskular, seperti aritmia jantung, infark miokard, dan bahkan kematian mendadak akibat serangan jantung.

Baca Juga

Sehubungan dengan hal ini, para peneliti berhipotesis bahwa konsumsi minuman energi dapat meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular yang merugikan dengan meningkatkan agregasi trombosit. Ini akan mengakibatkan peningkatan risiko trombosis (bekuan darah dalam vena).

Trombosit adalah sel darah kecil. Jika jumlah trombosit seseorang terlalu tinggi, gumpalan darah dapat terbentuk di pembuluh darah.

Untuk menyelidiki hipotesis mereka, para peneliti merekrut 32 sukarelawan sehat berusia 18-40 tahun. Mereka diberi 470 ml air kemasan atau minuman energi standar bebas gula pada dua kesempatan terpisah. Minuman dikonsumsi setelah puasa semalam selama 30 menit. Parameter koagulasi (pembekuan) dan fungsi trombosit diukur sebelum dan 60 menit setelah konsumsi.

Apa yang peneliti temukan? Tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik dalam koagulasi yang terdeteksi. Namun, dibandingkan dengan kontrol air, konsumsi minuman energi menghasilkan peningkatan agregasi trombosit yang signifikan.

"Peningkatan aktivitas trombosit ini terjadi dalam satu jam setelah konsumsi," kata para peneliti seperti dilansir dari Express, Senin (29/8/2022).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَالْمُطَلَّقٰتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلٰثَةَ قُرُوْۤءٍۗ وَلَا يَحِلُّ لَهُنَّ اَنْ يَّكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللّٰهُ فِيْٓ اَرْحَامِهِنَّ اِنْ كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ وَبُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ بِرَدِّهِنَّ فِيْ ذٰلِكَ اِنْ اَرَادُوْٓا اِصْلَاحًا ۗوَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِيْ عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوْفِۖ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ ۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ ࣖ
Dan para istri yang diceraikan (wajib) menahan diri mereka (menunggu) tiga kali quru'. Tidak boleh bagi mereka menyembunyikan apa yang diciptakan Allah dalam rahim mereka, jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhir. Dan para suami mereka lebih berhak kembali kepada mereka dalam (masa) itu, jika mereka menghendaki perbaikan. Dan mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut. Tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. Al-Baqarah ayat 228)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement