Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

7 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

3 Kali Kena Covid-19, Dokter Peringatkan Omicron BA.5 Lebih Cepat Menyebabkan Reinfeksi

Rabu 31 Aug 2022 09:20 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Seorang dokter di Inggris dr Claire Taylor sudah tiga kali kena Covid-19 sepanjang tahun ini.

Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Seorang dokter di Inggris dr Claire Taylor sudah tiga kali kena Covid-19 sepanjang tahun ini.

Foto: Pixabay
Dokter di Inggris sudah tiga kali positif Covid-19 sepanjang tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Omicron BA.5 kini telah menjadi varian virus penyebab Covid-19 yang dominan di berbagai negara. Strain ini telah dikaitkan dengan reinfeksi yang cepat, dan para ahli memperingatkan bahwa penyintas mungkin terkena virus lagi dalam beberapa pekan setelah pulih.

Konsultan kedokteran respirasi asal Inggris, Claire Taylor, adalah salah satu orang yang mengalami tingkat reinfeksi berulang yang cepat ini. Melalui Twitter, dia mengaku tak pernah mengalami reinfeksi secepat ini.

Baca Juga

"Sepertinya saya sudah berusaha keras untuk mencegah infeksi. Bagi saya sangat tidak biasa dan memprihatinkan untuk tidak mempertahankan kekebalan lebih dari delapan pekan setelah infeksi. Omicron sangat berbeda dan sangat menular dibandingkan varian lain," kata dr Taylor, seperti dilansir laman Express, Rabu (31/8/2022).

Apa yang dialami dr Taylor juga dipengaruhi oleh profesinya sebagai dokter yang membuatnya setiap hari selalu berhadapan dengan pasien Covid-19. Itulah sebabnya dia bisa tertular virus sampai tiga kali sepanjang tahun ini.

Dr Taylor menjelaskan bahwa omicron menghadirkan masalah karena virusnya akan terus bermutasi. "Kita tahu Covid meningkatkan risiko serangan jantung atau strok atau pembekuan darah di kemudian hari. Apa yang terjadi jika kamu mendapatkannya setiap beberapa bulan?" kata dr Taylor yang putranya mengalami gejala mirip meningitis ketika kena Covid-19 dari infeksi omicron BA.5.

Seiring munculnya sub varian baru, gejala omicron yang dilaporkan juga terus bertambah. Dari sakit tenggorokan hingga sakit kepala, infeksi omicron ditandai dengan gejala yang tidak terlalu parah yang mirip dengan pilek dan flu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile