Rabu 31 Aug 2022 17:11 WIB

Kelola Keuangan, Ingat-Ingat Lagi Beda Antara Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan berbeda dengan keinginan.

Red: Reiny Dwinanda
Berburu diskon (ilustrasi). Ketika akan berbelanja, pikirkan kembali apakah itu kebutuhan atau keinginan.
Foto: Republika/Prayogi
Berburu diskon (ilustrasi). Ketika akan berbelanja, pikirkan kembali apakah itu kebutuhan atau keinginan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda masih suka keteteran mengatur keuangan? Perencana keuangan Ruisa Khoriyah mengingatkan pentingnya mengenali perbedaan antara keinginan dan kebutuhan.

"Hal paling mendasar dalam mengelola keuangan secara cermat dan hemat adalah mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan," kata Ruisa saat memberikan tips cermat dan hemat mengelola keuangan dalam program literasi keuangan yang diinisiasi oleh PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip), penyedia jasa transfer uang di Indonesia, dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga

Ruisa memaparkan kebutuhan merupakan barang dan jasa yang dibutuhkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sementara itu, keinginan merupakan segala kebutuhan berlebih yang sifatnya tidak mengikat dan tidak ada keharusan untuk dipenuhi.

Selanjutnya, menurut Ruisa, kebutuhan juga perlu dibagi menjadi tiga, yakni primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi seperti pakaian, makanan, dan rumah.

Kebutuhan sekunder contohnya kendaraan pribadi. Lalu, kebutuhan tersier misalnya hiburan.

"Prinsip selanjutnya agar kamu dapat cermat dan hemat dalam mengelola keuangan adalah hindari berbelanja dan mengalokasikan pengeluaran yang melebihi pendapatan  bulanan," ujar Ruisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement