Kamis 01 Sep 2022 13:17 WIB

Bahan Kimia di Pewarna Rambut Tingkatkan Kisiko Kanker pada Ibu Hamil

Tim peneliti memeriksa 45 bahan kimia yang dicurigai penyebab kanker.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Bahan kimia di pewarna rambut meningkatkan risiko kanker pada ibu hamil. (Ilustrasi)
Foto: efashionbeautytips.com
Bahan kimia di pewarna rambut meningkatkan risiko kanker pada ibu hamil. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa bahan kimia yang secara legal digunakan dalam peralatan makan, pewarna, dan plastik dapat larut ke dalam makanan dan air. Kondisi itu membuat orang tanpa sadar menelan racun yang tidak boleh untuk dikonsumsi manusia.

Dalam studi ECHO terbaru yang diterbitkan jurnal Chemosphere, tim peneliti menggunakan metode baru untuk memeriksa 45 bahan kimia yang dicurigai penyebab kanker, yang ada dari sampel urine. Peserta penelitian termasuk 171 wanita yang hamil antara 2008 hingga 2020.

Baca Juga

Hampir semua wanita yang termasuk dalam penelitian ini memiliki kadar zat kimia industri yang dapat dideteksi dalam urine mereka. Para peneliti mengatakan, temuan ini tidak hanya menuntut penelitian lebih lanjut tentang bahan kimia dalam kosmetik, tetapi juga menggemakan penelitian tentang risiko kanker pada populasi yang belum diteliti, di mana tingkat paparan bahan kimia tertinggi ditemukan pada wanita kulit berwarna.

Semua, kecuali satu wanita dalam penelitian ini, memiliki bahan kimia melamin dan produk sampingannya, asam sianurat, dalam sampel urine mereka. Peneliti mencatat paparan bahan kimia ini ekstra-toksik ketika digabungkan bersama.

Meskipun diketahui memiliki efek toksik, kedua bahan kimia itu banyak digunakan dalam produk komersial. Melamin dapat ditemukan di peralatan makan, plastik, meja dapur, dan lantai, serta pestisida industri. Turunannya dapat ditambahkan ke plastik sebagai penstabil, atau digunakan sebagai pelarut pembersih.

Melamin diklasifikasikan sebagai kemungkinan karsinogen karena peneliti belum menentukan tingkat paparan apa yang terkait dengan kanker pada manusia. Kebanyakan orang terpapar melamin dengan tingkat yang relatif rendah di lingkungannya, tetapi penggunaan bahan kimia secara ilegal dalam susu formula bayi memiliki efek yang merusak.

Pada 2008, melamin dikaitkan dengan setidaknya enam kematian dan disfungsi ginjal pada sekitar 300 ribu bayi di China. Bahan kimia itu kemudian terdeteksi dalam susu formula bayi dan makanan hewan peliharaan, dan secara resmi diakui sebagai racun ginjal.

Bahan kimia dari kelompok serupa yaitu amina aromatik ditemukan di lebih dari 60 persen peserta studi. Seperti bahan kimia lain yang dipelajari, amina aromatik terutama digunakan dalam pengaturan industri tetapi juga dapat ditemukan di beberapa produk konsumen, termasuk pewarna rambut dan tinta tato.

Beberapa amina aromatik dikaitkan dengan risiko kanker kandung kemih pada manusia. Penelitian pada hewan menunjukkan paparan prenatal juga dapat mempengaruhi perkembangan janin, menjadikan kelompok bahan kimia ini sebagai prioritas tinggi untuk penelitian pada masa depan.

Para peneliti dengan NIH mengumpulkan beragam wanita untuk studi ECHO. Sekitar sepertiga (34 persen) berkulit putih, 40 persen Latina, 20 persen hitam, 4 persen Asia, dan 3 persen sisanya berasal dari kelompok ras lain. Mereka datang dari enam negara bagian untuk mewakili berbagai wilayah AS.

Secara keseluruhan, wanita kulit berwarna memiliki tingkat bahan kimia berbahaya yang lebih tinggi dalam urine mereka dibandingkan dengan rekan kulit putih. Studi terpisah tentang paraben dan ftalat, dua bahan kimia umum yang digunakan dalam kosmetik dan produk rambut, juga mengungkapkan dampak yang tidak proporsional pada wanita kulit hitam.

"Ini membingungkan, kami terus menemukan tingkat lebih tinggi dari banyak bahan kimia berbahaya ini pada orang kulit berwarna," kata rekan penulis studi, seorang profesor di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Jessie Buckley dilansir Insider, Kamis (1/9/2022). Misalnya, dalam studi ECHO, wanita kulit hitam dan Hispanik memiliki kadar 3,4-dikloroanilin (bahan kimia yang digunakan dalam produksi pewarna dan pestisida) lebih dari dua kali lipat tingkat yang terdeteksi pada wanita kulit putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement