Kamis 01 Sep 2022 17:05 WIB

Tak Selamanya Buruk, Ini Film Bergenre Sci-Fi yang Gambarkan 'Indahnya' Masa Depan

Dalam film, masa depan sering digambarkan sebagai mimpi buruk distopia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Film bergenre sci-fi yang menggambarkan indahnya masa depan. (ilustrasi)
Foto: United Artists Releasing
Film bergenre sci-fi yang menggambarkan indahnya masa depan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES – Sebagian besar film fiksi ilmiah (sci-fi) yang populer meggambarkan masa depan sebagai mimpi buruk distopia. Tampaknya perlu imajinasi khusus untuk mempertimbangkan kemungkinan bahwa generasi muda dan teknologi baru bisa memperbaiki keadaan.

Melansir dari laman Gamerant, Kamis (1/9/2022), berikut lima film sci-fi dengan pandangan positif ke masa depan:

Baca Juga

1. Meet the Robinsons

photo
Film Meet the Robinsons. - ( Buena Vista Pictures Distribution)

 

Tempat utama penggemar sci-fi utopis dapat menemukan subgenre yang ditampilkan di layar lebar adalah di media anak-anak. Sci-fi yang ditujukan untuk seluruh keluarga diperbolehkan untuk membuat masa depan terlihat aneh dan mendebarkan. Film klasik Disney yang diremehkan secara kriminal, Meet the Robinsons, mengambil kesempatan itu dan menjalankannya.

Film ini berpusat pada seorang anak muda brilian bernama Lewis yang sangat merindukan sebuah keluarga. Lewis dibawa pergi ke masa depan oleh seorang anak misterius yang mengaku sebagai bisa menjelajah waktu.

Sesampai di sana, dia diperkenalkan ke dunia teknologi fantastis dan estetika retro-futuristik yang menggembirakan. Latar tahun film adalah 2037, yang membayangkan banyak lompatan maju yang luar biasa selama dekade berikutnya. Film Meet the Robinsons adalah perjalanan yang menawan dan penuh emosi yang menunjukkan bahwa dunia yang cerah akan terjadi pada masa depan.

2. Bill & Ted Face the Music

photo
Film Bill & Ted Face the Music. - ( United Artists Releasing)

 

Kesimpulan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk trilogi Bill & Ted ini mewakili satu hal luar biasa tentang masa depan. Film ini mengikuti jejak Bogus Journey, yang mengungkapkan bahwa para pahlawannya akan menciptakan suara yang akan menyelamatkan dunia.

Selama jeda 30 tahun, Bill dan Ted dengan tegas gagal melakukannya, dan sisa hidup mereka berantakan. Pasukan dari 700 tahun pada masa depan tiba untuk memaksa tangan Wyld Stallyns. Perjalanan membawa para pahlawan dari masa depan yang jauh ke kedalaman "neraka" dan seterusnya.

Ini adalah versi hebat dari pesan waralaba asli, yang diadaptasi untuk sinisme era baru. Itu berakhir dengan salah satu pesan harapan yang paling membangkitkan semangat dan kuat dalam ingatan baru-baru ini. Film terbaru ini menjadi salah satu korban paling biadab dari pandemi yang sedang berlangsung, membuatnya merasa agak terlalu optimis untuk kebaikannya sendiri.

3. Big Hero 6

photo
Big Hero 6 - (www.cinemablend.com)

 

Properti Disney yang diremehkan lainnya yang menunjukkan hal hebat tentang masa depan, kali ini dengan fokus khusus pada teknologi. Ini adalah film yang mengagungkan pengejaran pengetahuan ilmiah dengan baik sehingga bisa menjadi iklan untuk program STEM sekolah menengah. Tidak ada tahun tertentu di mana Big Hero 6 terjadi, tetapi kota San Fransokyo yang ditampakkan di film terwujud dengan megah dan futuristik.

Semua karakter utama adalah anak-anak cerdas yang berdedikasi, dan mereka menjadi pahlawan melalui disiplin ilmu masing-masing yang unik. Wajah sentral dari film ini adalah Baymax, kecerdasan buatan yang menarik untuk merevolusi perawatan medis.

Tidak ada mesin jahat di Big Hero 6, hanya mesin yang digunakan untuk hal-hal buruk. Film ini mengelola salah satu penggambaran AI terbaik yang pernah ditampilkan di layar, dan menunjukkan risiko teknologi canggih di samping solusinya. Ini adalah film yang sangat menawan dan jika bahkan dari jarak jauh memprediksi masa depan yang sebenarnya maka segalanya akan terlihat.

4. Her

photo
Film Her. - (Warner Bros Pictures)

 

Her yang disutradarai Spike Jonze ini mengisahkan kehidupan seorang penulis bernama Theodore (Joaquin Phoenix) yang kesepian setelah bercerai dengan istrinya. Untuk mengusir rasa kesepian, dia membeli sistem operasi yang dilengkapi kecerdasan buatan yang diberi nama Samantha (Scarlett Johansson). Konsep film ini sangat orisinal sehingga mendapatkan penghargaan untuk Skenario Asli Terbaik di Academy Awards dan menerima nominasi untuk Film Terbaik.

Meski beberapa orang membandingkan Samantha dengan asisten perangkat seluler Apple, Siri, namun bukan berarti jenis teknologi itu tidak mungkin. Beberapa aspek dari film ini sangat mungkin dan akurat, termasuk kamera wajah kecil serta lubang suara yang digunakan Theodore untuk berkomunikasi dengan Samantha.

Hubungan Theodore dengan Samantha membangun dirinya, dan meskipun ini adalah momen yang menyedihkan bagi karakter tersebut, di sisi ada pembelajaran tersendiri. Mereka yang telah menonton film ini juga akan menemukan bahwa akhir ceritanya menunjukkan kenyataan yang samar dan menarik di depan.

5. Tomorrowland

photo
Tomorrowland - ()

 

Meskipun jauh dari film yang sempurna, keanehan sci-fi ini tidak bisa diabaikan. Tomorrowland arahan Brad Bird bukanlah visi utopis tentang masa depan, ini adalah perjalanan yang mengharukan untuk membuat masa depan menjadi tempat yang lebih baik. Ini adalah argumen hidup tentang harapan yang bertentangan dengan sinisme.

Ini adalah pesan untuk perasaan yang terlalu umum bahwa semua harapan hilang, dan dunia telah berakhir. Penggemar optimisme dalam film modern harus kembali menonton fitur unik ini. Tomorrowland mungkin bukan contoh yang sempurna, tapi bisa menjadi titik inspirasi untuk generasi baru sci-fi yang optimis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement