Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Canggih! Sistem Imun Langsung Siap-Siap Begitu Kita Lihat Rekan Kerja Ada yang Sakit

Jumat 02 Sep 2022 09:11 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Ketika melihat ada rekan kerja yang sakit, sistem imun kita akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.

Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Ketika melihat ada rekan kerja yang sakit, sistem imun kita akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.

Foto: www.pixabay.com
Sistem imun akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem imun di dalam tubuh manusia ternyata lebih kuat dari apa yang kebanyakan orang pikirkan sebelumnya. Hanya dengan melihat orang lain yang sedang sakit pun, sistem imun akan langsung bersiap-siap untuk melawan penyakit.

Hal ini diketahui melalui sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Functional Ecology. Menurut studi ini, kesigapan sistem imun ini terjadi karena mendapatkan informasi dari otak.

Baca Juga

"Otak kita bisa memperoleh informasi dari orang yang sakit dan kemudian memicu perubahan pada fisiologi kita," ungkap asisten profesor di bidang ilmu biologi dari Schmid College of Science and Technology di Chapman University, Patricia Lopes, seperti dilansir The Sun, Jumat (2/9/2022).

Sebagai contoh, lanjut Lopes, mengobservasi gambar-gambar orang sakit sudah bisa memicu aktivasi sistem imun. Contoh lainnya, ketika berdekatan dengan orang yang sakit, sistem imun akan bersiaga agar tubuh tidak jatuh sakit.

Lopes mengatakan sistem imun berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman penyakit. Di sisi lain, fisiologi manusia bisa berubah dengan drastis untuk menunjang proses pemulihan dari penyakit.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile