Sabtu 03 Sep 2022 06:30 WIB

Dapat Turunkan Gula Darah Hingga 30 Persen, Ini Minuman Terbaik Bagi Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes membutuhkan lebih banyak cairan ketika kadar glukosa darah tinggi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi minum air putih. Air putih terbukti dapat menurunkan kadar gula darah tinggi hingga 30 persen.
Foto: Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi minum air putih. Air putih terbukti dapat menurunkan kadar gula darah tinggi hingga 30 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes tipe 2 terbukti berbahaya jika kadar gula darah dibiarkan merajalela. Diabetes tipe 2 bisa jinak atau merusak, tergantung bagaimana pengidap mengelolanya.

Jika mengabaikan kadar gula darah tinggi, yang merupakan ancaman utama diabetes tipe 2, maka seseorang berada dalam masalah besar. Namun, apabila mengambil langkah untuk mengendalikannya, diabetes tipe 2 hampir tidak akan berdampak pada hidup.

Baca Juga

Kabar baiknya, ada minuman "terbaik" untuk diabetes yang telah terbukti menurunkan kadar gula darah tinggi hingga 30 persen. Menurut Diabetes UK, air putih adalah minuman "terbaik" untuk diabetesi.

Diabetes.co.uk menjelaskan bahwa air tidak mengandung karbohidrat atau kalori. Karenanya, air putih adalah minuman yang sempurna untuk pengidap diabetes.

Penelitian juga menunjukkan bahwa air minum dapat membantu mengontrol kadar glukosa (gula) darah. Temuan dari satu studi penting yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menyebutkan bahwa ketika asupan air meningkat, ini dapat mencegah atau menunda timbulnya hiperglikemia (gula darah tinggi) dan diabetes berikutnya.

Diabetes.co.uk menjelaskan tubuh pengidap diabetes membutuhkan lebih banyak cairan ketika kadar glukosa darah tinggi. Hal ini dapat menyebabkan ginjal berusaha mengeluarkan kelebihan gula melalui urine.

"Air tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah, itulah mengapa sangat bermanfaat untuk diminum ketika pengidap diabetes memiliki gula darah tinggi, karena memungkinkan lebih banyak glukosa dikeluarkan dari darah," kata Diabetes.co.uk, dilansir laman Express.co.uk, Jumat (2/9/2022).

Kadar gula darah yang tinggi juga menekankan pentingnya kebutuhan akan air. Memiliki kadar glukosa darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko dehidrasi bagi penderita diabetes mellitus.

Air memungkinkan lebih banyak glukosa dikeluarkan dari darah. Diabetes.co.uk menyatakan, orang dengan diabetes insipidus juga memiliki risiko dehidrasi yang tinggi, tetapi ini tidak terkait dengan kadar glukosa darah yang tinggi. Diabetes insipidus adalah kondisi langka di mana orang sering buang air kecil dan merasa haus.

Kalau ingin menjadikan minum air putih lebih menarik, bisa saja mempercantiknya dengan irisan buah. Jeruk, lemon, atau jeruk nipis bisa dipilih.

"Anak-anak sering perlu diingatkan untuk minum, jadi beri mereka botol air berwarna-warni dengan sedotan yang keren," kata Diabetes UK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement