Sabtu 03 Sep 2022 23:05 WIB

Livescore; Chelsea Petik Kemenangan Dramatis atas West Ham di Stamford Bridge

Chelsea mencetak gol kemenangan pada menit ke-88.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel memberikan bola kepada pemainnya.
Foto: AP/Ian Walton
Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel memberikan bola kepada pemainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea sukses meraih tiga poin pada pekan keenam Liga Primer Inggris, Sabtu (3/9/2022) malam WIB. Menerima lawatan sesama klub asal London, West Ham United, di Stadion Stamford Bridge, The Blues berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan, 2-1, setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Setelah menelan kekalahan mengejutkan, 1-2, dari Southampton, Chelsea bertekad untuk bisa bangkit di laga kandang ketiga pada musim ini. Tim besutan Thomas Tuchel itu langsung tancap gas pada awal. The Blues terus mendominasi permainan dengan penguasaan bola mencapai lebih dari 71 persen.

Baca Juga

Kendati begitu, Chelsea tidak mampu menciptakan serangan yang benar-benar efektif. Para penggawa The Blues terlihat kebingungan saat memasuki sepertiga akhir lapangan. Sodoran umpan-umpan yang dikirimkan ke jantung pertahanan tim tamu tidak bisa dilanjutkan ke dalam upaya mencetak gol.

Ketiadaan pemain yang berposisi asli sebagai penyerang tengah agaknya menyulitkan The Blues untuk bisa menyelesaikan serangan di laga ini. Tercatat, hingga babak pertama tinggal menyisakan lima menit, Chelsea hanya melepas tiga tembakan dan hanya satu tepat mengarah ke gawang.

Di sisi lain, The Hammers bisa merespon dengan baik gaya permainan The Blues. Tim besutan David Moyes itu terlihat begitu disiplin dalam menjaga setiap jengkal area permainan. Semifinalis Liga Europa itu sesekali berusaha mengancam gawang tim tuan rumah via serangan balik cepat. Namun, upaya itu juga tidak kunjung membuahkan hasil.

Babak pertama laga di Stadion Stamford Bridge itu akhirnya harus ditutup dengan skor imbang, tanpa gol ada satu gol pun tercipta. Jalannya pertandingan pada babak kedua berbeda dibanding pada babak pertama.

The Hammers mulai berusaha untuk bisa memegang kendali permainan dan menekan pertahanan The Blues. Secara perlahan, tim besutan David Moyes itu mulai merepotkan tim tuan rumah, yang belum menemukan solusi untuk mengatasi kebuntuan.

Tim tamu justru menjadi tim yang pertama mencetak gol di laga ini. Michail Antonio membawa tim asal London Timur itu unggul atas klub asal London Barat itu pada menit ke-62. Antonio memanfaatkan kemelut di mulut gawang Chelsea usai sepak pojok.

Declan Rice yang memanfaatkan bola liar di sisi kanan gawang The Blues sempat mengirimkan bola ke depan mulut gawang, yang bisa disambar Antonio. Lini belakang Chelsea terlihat begitu panik saat bola hasil sepak pojok mengarah ke sisi kanan gawang. Beruntung buat The Blues, Ben Chilwell bisa mencetak gol balasan, tepatnya pada menit ke-76.

Chilwell, yang masuk menggantikan Marc Cucurella pada menit ke-72, menanduk bola hasil umpan lambung Thiago Silva. Chilwell pun mengejar bola yang jatuh di sisi kanan gawang The Hammers. Beradu cepat dengan kiper West Ham United, Lukasz Fabianski, Chilwell bisa menyambar bola dan mengarahkanya ke sela-sela kaki Fabianski.

Bola pun dengan mulus masuk dalam gawang tim tamu. Chilwell kembali memainkan peran penting buat Chelsea di laga ini. Bek kiri asal Inggris itu sukses menyediakan assist buat gol kedua The Blues di laga ini. Kai Havertz sukses memaksimalkan umpan tarik yang dilepaskan Chilwell pada menit ke-88. Tim tuan rumah mampu berbalik unggul.

Hanya satu menit berselang, The Hammers sebenarnya bisa membalas lewat gol Maxwel Cornet. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran Jared Bowen diketahui melakukan pelanggaran terhadap kiper Chelsea, Edouard Mendy, dalam proses terjadinya gol Cornet. The Blues akhirnya bisa mempertahankan keunggulan hingga laga berakhir. 

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement