Ahad 04 Sep 2022 07:03 WIB

Wali Kota Bandung Khawatirkan Imbas Kenaikan BBM ke Harga Pangan

Biaya transport naik mungkin berpotensi mendongkrak kenaikan harga pangan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Wali Kota Bandung Yana Mulyana

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengkhawatirkan, imbas kenaikan harga BBM  pada sejumlah harga komoditas pangan. Hal ini merujuk pada kebutuhan pangan Kota Bandung yang hingga saat ini masih sangat bergantung dari wilayah lain. 

“Kalau dampak dari kenaikan BBM itu pasti karena biaya transport naik mungkin berpotensi mendongkrak kenaikan harga komoditas pangan,” kata Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung.  

Baca Juga

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, Pemerintah Kota Bandung akan mengkaji dan melakukan penghitungan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kenaikan harga BBM pada harga komoditas pangan. Elly berharap kenaikan yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi. 

“Kita nanti akan melakukan perhitungan, karena kita kan belum tau dampak kenaikan harga BBM ini pada harga pangan ya, misalnya ongkos kirim dari wilayah produsen ke kita sebagai konsumen. Ya semoga kenaikannya tidak terlalu signifikan ya,” kata Elly saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (4/9/2022).