Senin 05 Sep 2022 12:05 WIB

Hari Pelanggan Nasional, BSI: Transformasi Digital untuk Bangun Customer Engagement

BSI siap berikan layanan ultimate lewat beragam solusi digital di hari pelanggan

Rep: Lida puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Hari Pelanggan Nasional menjadi momentum PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk selalu dekat di hati nasabah. Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarna menyampaikan BSI senantiasa mengedepankan layanan yang Ultimate melalui beragam solusi digital untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi.
Foto: Prayogi/Republika
Hari Pelanggan Nasional menjadi momentum PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk selalu dekat di hati nasabah. Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarna menyampaikan BSI senantiasa mengedepankan layanan yang Ultimate melalui beragam solusi digital untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Pelanggan Nasional menjadi momentum PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk selalu dekat di hati nasabah. Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarna menyampaikan BSI senantiasa mengedepankan layanan yang Ultimate melalui beragam solusi digital untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi.

Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah, jajaran direksi PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) turut hadir langsung untuk melayani nasabah di BSI Kantor Cabang The Tower dan di BSI Kantor Cabang Depok Margonda 2. Dalam momentum tersebut, Anton Sukarna mengatakan bahwa BSI siap memberikan layanan yang Ultimate melalui beragam solusi digital untuk menjawab pergeseran perilaku nasabah setelah masa pandemi COVID-19.

"BSI sangat peduli terhadap kebutuhan dan kemudahan transaksi nasabah, oleh karena itu BSI terus bertransformasi memberikan Ultimate Service dan Operational Excellence melalui inovasi layanan transaksi keuangan dan digitalisasi," kata Anton dalam keterangan pers, Senin (5/9).

Salah satu layanan transaksi digital adalah BSI Mobile yang hadir untuk memberikan manfaat bagi nasabah sebagai sahabat financial, sahabat social dan sahabat spiritual. Aplikasi dilengkapi berbagai fitur kemudahan yaitu pembukaan rekening secara online, kemudahan transaksional melalui fitur transfer, pembiayaan, pembukaan Tabungan E-Mas dan juga Gadai Emas via Online.

BSI Mobile juga menjawab kebutuhan nasabah dari sisi spiritual sebagai uniqueness BSI untuk memudahkan Langkah Ibadah. Berbagai fitur diantaranya Zakat, infaq dansodaqoh, fitur -fitur islami seperti waktu shalat, juz amma, asmaul husna, fitur lokasi masjid terdekat dan arah kiblat yang tepat.

Pengembangan ekosistem digital produk dan fitur BSI Mobile akan terus dilanjutkan. Dalam waktu dekat diharapkan super apps BSI Mobile dengan fitur yang lebih lengkap dapat memberikan manfaat yang lebih banyak bagi Masyarakat luas.

Begitupun fasilitas kemudahan transaksi di kantor cabang, setiap petugas akan memandu nasabah untuk memanfaatkan fasiitas BSI Mobile, ATM dan CRM, Digital Form serta fasilitas lainnya sehingga proses transaksi menjadi lebih simpel dan sesuai dengan lifestyle nasabah.

Selain itu, khusus bagi 50 nasabah yang bertransaksi dikantor cabang pada tanggal 5 September 2022, akan mendapatkan souvenir. Nasabah juga dapat menyampaikan testimoninya melalui aplikasi Customer Satisfaction Survey sebagai bentuk evaluasi layanan dalam membangun Customer Engagement.

Melalui Kick Off BSI Customer Engagement, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi beserta seluruh Top Management telah berkomitmen untuk terus mendengarkan testimoni, masukan, saran dari nasabah sebagai inspirasi dalam melakukan inovasi.

"Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat, transaksi digital  PT Bank Syariah Indonesia Tbk terus meningkat dimana per Juni 2022, user pengguna BSI Mobile mencapai 4,07 Juta user naik sebesar 81 persen secara tahunan," katanya.

Jumlah pengguna yang semakin meningkat dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM maupun Internet Banking. Saat ini profil nasabah BSI sebanyak 97 persen telah beralih menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan.

Transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp 119 miliar. Bank Syariah Indonesia saat ini juga menjadi satu dari delapan penyelenggaraan jasa pembayaran (PJP) QRIS antara Indonesia-Thailand.

Lewat kerja sama itu, nasabah BSI dan masyarakat Indonesia sudah bisa menggunakan QRIS via BSI Mobile untuk bertransaksi di Thailand. Pemberlakukan QRIS antar negara ini juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan penggunaan layanan BSI mobile.

Sebagaimana diketahui, Per Juni 2022, pengguna BSI Mobile telah mencapai 4,07 Juta, naik sebesar 81 persen secara tahunan. Dengan transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp 119 miliar.

Adapun transaksi QRIS BSI, lanjut Anton, juga terus meningkat secara signifikan. Pada Januari hingga Juni 2022, total transaksi QRIS BSI sebesar 2,7 juta transaksi dengan nilai mencapai Rp 524 miliar.

Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu sebanyak 459 ribu transaksi dengan nilai sebesar Rp 37 miliar. Selain itu guna memanjakan nasabah, BSI juga memberikan berbagai promosi menarik bagi nasabah yang selalu bertransaksi menggunakan BSI debit dan BSI Hasanah Card.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement