55 Tim Ikuti Pomprov Jateng 2022 Cabang Olahraga Futsal di Purwokerto

Red: Muhammad Fakhruddin

55 Tim Ikuti Pomprov Jateng 2022 Cabang Olahraga Futsal di Purwokerto (ilustrasi).
55 Tim Ikuti Pomprov Jateng 2022 Cabang Olahraga Futsal di Purwokerto (ilustrasi). | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Sebanyak 55 tim dari 52 perguruan tinggi se-Jawa Tengah mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jateng 2022 Cabang Olahraga Futsal yang digelar di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, 5-9 September.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jebul Suroso selaku tuan rumah penyelenggaraan Pomprov Jateng 2022 Cabang Clahraga futsal di arena futsal, kompleks Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Senin.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan cabang olahraga futsal merupakan media untuk saling bertemu dan bersilaturahmi.

"Mungkin tidak banyak yang bisa datang ke Purwokerto, menyempatkan waktu, tetapi karena ada event ini maka anda datang. Maka gunakanlah kesempatan untuk saling bertemu," katanya.

Baca Juga

Menurut dia, menang dalam pertandingan adalah nomor satu tetapi kalau tidak memperoleh kemenangan itu yang paling utama adalah bersilaturahmi dan punya banyak teman.

"Anda harus menang bukan hanya di sini, bukan hanya di Indonesia. Tetapi juga anda harus menjadi pemenang di luar sana, membawa martabat Indonesia ke luar," katanya menegaskan.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan sportivitas nantinya harus dibangun dan diutamakan.

Saat ditemui usai membuka Pomprov Jateng 2022 Cabang Olahraga Futsal, Rektor mengatakan UMP tidak pilih-pilih dalam urusan olahraga.

Oleh karena atlet futsal UMP banyak yang keren serta olahraga tersebut terbilang mahal dan banyak yang tidak mau, kata dia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengambil peran sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pomprov Jateng 2022 Cabang Olahraga Futsal.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan Pomprov Jateng 2022 diikuti oleh 52 perguruan tinggi dan kontingen yang dikirim UMP sebanyak 134 atlet.

"Mudah-mudahan UMP dapat banyak (medali emas) karena total kontingen yang kami kirimkan itu 134 atlet, yang ada di sini (arena futsal, red.) dan di luar sini," katanya.

Sementara itu, Pengurus Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Jateng Akhmad Darmawan mengatakan Pomprov Jateng 2022 merupakan salah satu kegiatan kemahasiswan yang digelar pada 1-9 September dengan 12 cabang olahraga.

Menurut dia, ajang tersebut digelar dalam rangka mencari talenta atau atlet yang akan dibawa sebagai wakil Jateng ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII di Sumatra Barat pada 11-19 November 2022.

Dalam hal ini, kata dia, ia akan mengambil atlet-atlet terbaik dari Pomprov Jateng untuk dikirim ke Pomnas, sehingga tidak harus dari satu tim atau satu perguruan tinggi melainkan akan dicampur.

"Kebetulan saya pengurus Bapomi Jateng, jadi targetnya kita akan mengirim atlet ke Pomnas di Sumatra Barat," kata Wakil Rektor UMP Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Al Islam Kemuhammadiyahan itu.

Terkait dengan keikutsertaan UMP dalam Pomprov Jateng 2022, Darmawan mengatakan Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengirimkan 134 atlet untuk mengikuti 10 dari 12 cabang olahraga yang diselenggarakan.

Menurut dia, hal itu disebabkan UMP tidak memiliki atlet untuk dua cabang olahraga, yakni atletik dan tarung drajat.

"Alhamdulillah posisi UMP masih di tiga besar dan sampai hari ini (5/9) sudah dapat empat medali emas," kata dia yang juga Ketua Umum Asosiasi Futsal Kabupaten Banyumas.

Sementara dalam laporannya, Ketua Penyelenggara Pomprov Jateng 2022 Cabang Olahraga Futsal Heri Purnomo mengakui jumlah peserta melebihi ekspektasi karena animo yang besar.

Menurut dia, cabang olahraga futsal diikuti 55 tim terdiri atas 14 tim putri dan 41 tim putra.

"Penyelenggaraan menggunakan dua venue, yakni GOR Satria dan Lapangan Futsal 'Score' Dukuhwaluh yang jaraknya cukup dekat dengan Kampus UMP," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Terkait


Vennard Hutabarat Cs Bakal Meriahkan Ajang Merdeka Cup Unhas 2022

12 tim Ramaikan Euro Futsal 2022

Apparel Lokal Dukung Gelaran KFJ Parade League 2022 dan Liga Futsal Bantul 2022

Ini Biang Kekalahan Timnas Futsal Indonesia di Final Piala AFF 2022

Futsal Indonesia Runner-up Piala AFF 2022 Setelah Kalah Dramatis dari Thailand

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark