Senin 05 Sep 2022 21:57 WIB

Buka Pelatihan Bahasa JIC, Kiai Nasir Zein: Bahasa Arab Bahasa Kita 

Bahasa Arab merupakan bahasa Alquran

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Agung Sasongko
Jakarta Islamic Center
Foto: Muhammad Ubaidillah
Jakarta Islamic Center

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar pelatihan Menguasai Bahasa Arab Semudah Tersenyum. Kepala Divisi Pengkajian dan Pelatihan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta KH. Nasir Zein menegaskan, bahasa Arab adalah bahasa kita.

“Kenapa bahasa Arab adalah bahasa kita, karena bahasa Arab adalah satu-satunya bahasa yang memiliki kemuliaan,” ujar KH. Nasir Zein, MA dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (5/9/2022).

Baca Juga

Jika seseorang mau menguasai bahasa Arab semudah tersenyum, maka yang harus dilakukan adalah mencintai bahasa Arab. Mencintai bahasa Arab dikatakan bukan karena orang Arabnya, tapi karena dia adalah bahasa Alquran dan bahasa Hadits.

"Bahasa Arab adalah bahasa nabi kita dan bahasa Arab adalah bahasa Surga,” lanjutnya.

Ia juga menekankan, yang perlu disiapkan pada diri para peserta pelatihan bahasa Arab yang utama adalah rasa cinta. Bahasa Arab merupakan bahasa Alquran, bahasa Sunnah Rasulullah SAW dan bahasa ibadah orang Muslim.

Adapun tujuan diselenggarakan Pelatihan Menguasai Bahasa Arab Semudah Tersenyum adalah dalam rangka pembekalan meningkatkan ibadah dan pemahaman keislaman.

Di samping itu, ia menyebut Muslim perlu juga memiliki keterampilan bahasa, yaitu keterampilan membaca, keterampilan berbicara, keterampilan mendengar dan keterampilan menulis.

Pelatihan Menguasai Bahasa Arab Semudah Tersenyum ini diinisiasi Sub Divisi Pendidikan dan Pelatihan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta. Kegiatan tersebut akan berlangsung setiap hari selama dua bulan ke depan. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”

(QS. Ali 'Imran ayat 64)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement