Rabu 07 Sep 2022 17:56 WIB

Perubahan Aturan Seleksi Masuk PTN Berlaku untuk Seleksi 2023

Transformasi bertujuan menyelaraskan pembelajaran menengah dengan pendidikan tinggi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ilham Tirta
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.
Foto: istimewa/doc humas
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengungkapkan, perubahan aturan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) akan mulai dilaksanakan untuk proses seleksi mahasiswa baru PTN pada 2023. Peraturan mengenai perubahan aturan seleksi masuk PTN itu tertuang pada Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022.

"Perubahan aturan seleksi masuk PTN ini mulai dilaksanakan untuk proses seleksi mahasiswa baru PTN pada tahun 2023 mendatang," ujar Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga

Dia menjelaskan, transformasi seleksi masuk PTN yang diumumkan secara resmi oleh Mendikbudristek pada 7 September 2022 telah diundangkan dan mulai resmi berlaku pada 5 September 2022. Transformasi tersebut dilakukan melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada PTN.

Kemendikbudristek baru saja meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-22: Transformasi Seleksi Masuk PTN. Transformasi itu dilakukan dengan tujuan menyelaraskan pembelajaran di jenjang pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi.