Jumat 09 Sep 2022 13:08 WIB

Optimalkan Capaian Zakat, Kemenag Minta Perkuat Koordinasi Lintas Sektoral

Tingkat kedermawanan masyarakat Indonesia yang tinggi menjadi potensi besar zakat.

Red: Hiru Muhammad
Kasubdit Akreditasi dan Audit Lembaga Zakat Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Muhibuddin mengajak Baznas dan LAZ memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.
Foto: istimewa
Kasubdit Akreditasi dan Audit Lembaga Zakat Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Muhibuddin mengajak Baznas dan LAZ memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

REPUBLIKA.CO.ID,KENDARI--Kasubdit Akreditasi dan Audit Lembaga Zakat Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Muhibuddin mengajak Baznas dan LAZ memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah setempat. 

"Prinsip mengelola lembaga zakat, baik Baznas dan LAZ harus bekerja sama menjalin komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi lintas sektoral," ujar Muhib saat membuka acara rapat koordinasi (rakor) Baznas se-Sulawesi Tenggara di Kendari, Kamis (8/9/2022). 

Baca Juga

Muhib menyampaikan, tingkat kedermawanan umat Islam di Indonesia yang tinggi menjadi potensi untuk memaksimalkan perolehan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya."Ini bisa kita manfaatkan agar mampu menggenjot capaian zakat nasional yang masih sangat jauh dari potensi semestinya," lanjutnya. 

Muhib menambahkan, salah satu faktor yang menyebabkan capaian zakat masih cukup jauh dari potensi yang dapat diraih, yakni karena masih adanya persepsi masyarakat untuk memberikan zakatnya secara langsung kepada mustahik. 

"Hal ini yang menyebabkan pendataan zakat tidak tercatat di Baznas dan LAZ. Ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk dapat mengedukasi masyarakat terkait hal tersebut," katanya.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلٰىۗ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَاۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ
Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement