Sabtu 10 Sep 2022 06:15 WIB

Kemenag Gelar Festival Pendidikan Agama Islam Perkuat Moderasi Beragama

Festival Pendidikan Agama Islam digelar untuk siswa SMA dan SMK.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi siswi madrasah aliyah. Kemenag Gelar Festival Pendidikan Agama Islam Perkuat Moderasi Beragama
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Ilustrasi siswi madrasah aliyah. Kemenag Gelar Festival Pendidikan Agama Islam Perkuat Moderasi Beragama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama menggelar festival Pendidikan Agama Islam (PAI). Festival ini ditujukan untuk siswa SMA dan SMK sebagai media penguatan nilai-nilai moderasi beragama.

Direktur PAI Amrullah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat mengatakan, festival ini digelar sebagai sarana aktualisasi diri peserta didik SMA dan SMK sesuai bakat minat yang mereka. "Festival PAI tahun 2022 juga kami desain sebagai media penguatan nilai-nilai moderasi beragama," ujarnya, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga

Menurut dia, kemajuan teknologi telah memberikan beragam kemudahan bagi manusia dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan. Pada 2021, Indonesia pernah memperoleh predikat sebagai negara dengan pengguna internet nomor empat terbanyak di dunia.

Berkenaan itu, Amrullah mengatakan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) sebagai salah satu instrumen pendidikan nasional perlu memberikan perhatian ekstra terhadap fenomena ketergantungan kaum pelajar, khususnya siswa SMA dan SMK, terhadap internet.

Kegiatan Festival PAI SMA dan SMK berlangsung dalam rentang 1 September hingga 4 November 2022. Lomba yang dikompetisikan meliputi Debat Isu Islam Kontemporer (Islamic Trending Issue Debate Competition), Cipta Konten Islami di Media Sosial (Islamic Content Creator Challange on Social Media), dan Proyek Inovasi Moderasi Beragama (Moderasi Beragama Innovation Project).

"Pendaftaran peserta kami buka mulai 1-14 September 2022," kata Amrullah.

Selanjutnya, Direktorat PAI akan memberikan coaching dan mentoring kepada para peserta. Setelah itu, peserta akan diminta mengirimkan karya terbaiknya dari 19 September-10 Oktober 2022. "Proses penilaian dan penyisihan dilaksanakan pada 13-15 Oktober 2022, sedang babak final terjadwal pada 2-4 November 2022," paparnya.

Pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui https://belajaragama.id. Informasi lebih rinci terkait syarat peserta, tahapan pelaksanaan, dan mekanisme lomba Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 dapat diakses melalui laman https://pendis.kemenag.go.id/pai/berita-675-festival-pai-sma-dan-smk-tahun-2022.html.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement