Jumat 09 Sep 2022 17:24 WIB

Riyan Ardiansyah Cetak Hattrick, PSIS Semarang Tekuk Persikabo 3-2

PSIS memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Persikabo sejak menit awal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola PSIS Semarang Riyan Ardiansyah (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol.
Foto: ANTARA/M RISYAL HIDAYAT
Pesepak bola PSIS Semarang Riyan Ardiansyah (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSIS Semarang berhasil mengamankan tiga poin saat menjamu Persikabo 1973 pada pekan ke-8 Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (9/9/2022) sore WIB. PSIS menang 3-2 melalui hattrick yang diciptakan oleh Riyan Ardiansyah.

PSIS memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Persikabo sejak menit awal pertandingan. Baru tiga menit pertandingan berlangsung, tuan rumah sudah mendapatkan dua kali tendangan sudut meskipun belum ada yang membuahkan gol.

Baca Juga

Di menit ke-7, PSIS mendapat hadiah tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Tapi tendangan langsung yang dilepaskan oleh Jonathan masih meleset tipis di atas mistar gawang. Dua menit berselang, tembakan on target pertama dimiliki Persikabo tapi mampu diamankan Redondo.

PSIS akhirnya berhasil memetik keunggulan di menit ke-15 melalui gol yang diciptakan oleh Riyan Ardiansyah. Itu tercipta berkat umpan tarik yang dilepaskan oleh Alie Sesay dari sisi kanan kotak penalti. Tuan rumah pun unggul 1-0 melalui gol tersebut.

Empat menit berselang, Riyan menggandakan keunggulan PSIS melalui gol keduanya. Berawal dari umpan lambung dari Taisei Marukawa di sisi kanan ke sisi kiri kotak penalti di mana Riyan sudah menunggu. Riyan yang berdiri bebas dengan mudah menceploskan bola ke gawang Persikabo untuk membawa PSIS unggul 2-0.

PSIS bermain nyaman dengan keunggulan dua angka. Namun, Persikabo berhasil memberikan gol balasan di menit ke-42 yang dicetak oleh Yandi Sofyan yang memaksimalkan umpan tarik dari Bruno Dybal dari sisi kanan setelah menerima operan dari tendangan bebas. Skor bertahan 2-1 dengan keunggulan bagi PSIS hingga turun minum.

Di babak kedua, PSIS kembali memperlebar kedudukan melalui hattrick Riyan. Gol ketiga ini mirip dengan gol pertama, tapi kali ini umpan diberikan oleh Fredyan yang berhasil menembus sisi kanan pertahanan Persikabo, kemudian melepaskan umpan ke tengah di mana Riyan berada. Skor 3-1 bagi PSIS Semarang.

Taisei hampir menambah keunggulan tuan rumah di menit ke-70 saat ia menunjukkan skill individu dengan merangsek ke area pertahanan Persikabo kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ketika mendapat ruang tembak. Namun, tembakan kaki kanan Taisei masih meleset tipis di sisi kanan gawang.

Di menit ke-72, peluang emas dimiliki pemain PSIS yang baru masuk, Rachmad Hidayat, saat ia mendapat umpan terobosan di sisi kanan. Namun Rachmad gagal memenangkan duel dengan kiper Syahrul Trisna yang meninggalkan posisinya untuk merebut bila dari Rachmad.

Kedua tim terus jual beli serangan untuk menciptakan gol ke gawang lawan. Persikabo akhirnya mencetak gol kedua untuk memperkecil ketertinggalan di menit ke-90+2 melalui gol yang diciptakan oleh Agung Mulyadi. Tapi itu tidak mengubah kedudukan, PSIS tetap menang dengan skor 3-2. Hasil itu membuat tim tuan rumah berhak mengantongi tiga poin.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement