Ahad 11 Sep 2022 13:23 WIB

Zac Efron Mengaku Alami Gangguan Mental Saat Pertahankan Tubuh Berotot

Zac Efron mulai membentuk tubuhnya yang berotot sejak 2017 lalu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Zac Efron mulai membentuk tubuhnya yang berotot sejak 2017 lalu.
Foto: EPA
Zac Efron mulai membentuk tubuhnya yang berotot sejak 2017 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mempertahankan tubuh yang berotot ternyata tak hanya membebani aktor Zac Efron secara fisik, tetapi juga mental. Efron bahkan harus bergelut dengan depresi berat karena hal tersebut.

Efron mulai membangun otot tubuhnya untuk membintangi film Baywatch yang dirilis pada 2017. Sang aktor mengungkapkan bahwa beragam latihan intens yang dia lakukan untuk meraih bentuk tubuh tersebut sempat membuatnya mengalami depresi berat.

Baca Juga

"Saya mulai mengalami insomnia. Saya mengalami depresi yang cukup berat untuk waktu yang lama. Sesuatu tentang pengalaman ini membuat saya burn out," ujar Efron, seperti dilansir Fox News, Ahad (11/9/2022).

Tak hanya itu, Efron merasa bentuk tubuh berotot ala Baywatch sangat sulit untuk bisa dicapai secara alami. Efron mengatakan dia harus menggunakan obat diuretik yang kuat, yaitu Lasix, demi mengurangi cairan dalam tubuhnya.

"Hanya ada terlalu sedikit air di kulit," pungkas Efron.

Efron juga merasa dia diberikan terlalu banyak obat diuretik untuk waktu yang terlalu lama. Menurut pria berusia 34 tahun tersebut, pemberian obat ini turut membawa masalah tersendiri baginya.

Efron mengatakan tubuhnya saat itu terasa tidak sehat. Selain itu, Efron juga merasa jiwanya tak hidup. Dia tak membuat kemajuan dan justru melambat.

Beragam kondisi ini mendorong Efron untuk membuat perubahan besar dalam gaya hidupnya. Dia tak lagi terobsesi untuk menjaga bentuk tubuh berotot ala Baywatch dan mulai melakukan pendekatan yang berbeda untuk mencapai kebugaran tubuh.

Sejak awal pandemi Covid-19 2020, ada beberapa perubahan besar yang dia lakukan demi mencapai kebugaran tubuh secara sehat. Salah satunya adalah mengubah pola makan dan menerapkan diet vegan. Saat ini, Efron sudah genap dua tahun menjalankan diet berbasis tumbuhan tersebut.

Efron juga berupaya untuk memperbaiki pola tidurnya menjadi lebih teratur. Tak hanya itu, Efron memberikan waktu istirahat kepada dirinya sendiri dengan mengambil jeda dari dunia akting dan pindah ke Australia.

Dalam berolahraga, salah satu jenis latihan yang kini disukai oleh Efron adalah latihan fisik menggunakan foam roller. Dia juga membiasakan diri untuk mandi dengan air dingin di pagi hari.

"Ini bagian yang paling saya sukai sepanjang hari," lanjut Efron.

Dalam kesempatan yang sama, Efron sempat menyinggung rumor yang mengatakan bahwa dia menjalani operasi plastik untuk memperbesar rahang pada 2021. Efron menyiratkan bahwa rumor tersebut tidak tepat.

Yang terjadi sebenarnya adalah Efron mengalami cedera pada bagian rahang setelah terkantuk air mancur yang terbuat dari granit. Insiden tersebut terjadi ketika Efron berlari di dalam rumah menggunakan kaus kaki dan terpeleset.

Cedera Efron ditangani oleh seorang dokter spesialis. Selain itu, Efron juga melakukan terapi fisik untuk memulihkan area rahangnya. Namun setelah rahangnya pulih, bagian otot bernama masseter di wajahnya mulai bertambah besar. Kondisi ini yang membuat rahang Efron terlihat lebih besar dibandingkan sebelumnya.

"(Masseter) itu bertumbuh sangat-sangat besar," ujar Efron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement