Ahad 11 Sep 2022 17:22 WIB

Livescore; Arema Di-Comeback Persib, Tiga Poin Melayang dari Kanjuruhan

Arema sebenarnya bisa menyamakan kedudukan pada pengujung babak kedua, tapi dianulir.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Persib Bandung Luis Milla.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pelatih Persib Bandung Luis Milla.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Arema FC kalah 1-2 saat menjamu Persib Bandung pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Ahad (11/9/2022) sore WIB. Tuan rumah sebenarnya sempat unggul lebih dulu dengan berhasil memecah kebuntuan di menit-menit akhir melalui gol yang diciptakan Dedik Setiawan. Namun, Persib membalas dengan membuat dua gol pada babak kedua untuk mencatakan kemenangan 2-1.

Arema memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Kombinasi serangan diberikan oleh kerja sama antara Gian Zola dan Dendy Santoso. Namun serangan meraka masih dapat dihentikan di area pertahanan Persib oleh Henhen Herdiana.

Baca Juga

Permainan intens ditunjukkan oleh kedua tim sejak menit awal pertandingan. Beberapa benturan terjadi selama proses perebutan bola. Di menit ke-15, pelanggaran keras dilakukan oleh Daisuke Sato kepada Gian Zola ketika mantan pemain Persib itu mencoba melancarkan serangan balik cepat. 

Di menit ke-17, Arema kembali mendapatkan peluang. Kaki ini tercipta dari situasi tendangan sudut. Sergio Silva yang ikut menyerang, berdiri bebad tanpa penjagaan untuk menanduk umpan pojok. Namun beruntung bagi Persib tandukannya masih meleset.

Arema tampak lebih sering melancarkan serangan dari sisi kiri di mana Gian Zola berada. Peluang emas terjadi di menit ke-29 saat Gian melepaskan umpan ke tengah kotak penalti. Recky memenangkan duel udara dengan Dendy, tapi bola sempet terlepas dan siap disambut Dedik, beruntung Recky dapat lebih dulu mengamankannya.

Semenit kemudian, giliran Persib yang mengancam gawang Arema. Percobaan dilakukan oleh Ciro dari luar kotak penalti ketika ia mencoba mengecoh pertahanan Arema. Namun tendangan kaki kanan Ciro ke sisi kiri gawang masih dapat ditepis oleh Teguh dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Ilham Udin kembali menciptakan peluang bagi Arema di menit ke-34. Peluang itu ia dapatkan saat ia menerima umpan tak kauh dari kotak penalti. Ilham langsung melepaskan tembakan percobaan dengan kaki kirinya, namun arah bola masih meleset di atas mistar gawang.

Kedua tim terus mencoba membongkar pertahanan lawan. Tapi Arema lah yang akhirnya berhasil memecah kebuntuan lebih dulu. Tuan rumah berhasil mencetak gol di menit ke-45. Gol diciptakan oleh Dedik Setiawan saat ia mendapat bola di depan gawang Persib yang langsung ditendang ke gawang Persib.

Di babak kedua, Persib berhasil menyamakan kedudukan dengan cepat di menit ke-49. Berawal dari umpan silang dari Zalnando yang gagal ditepis maksimal oleh Teguh, bola mengarah kepada Beckham Putra dan langsung melepaskan tembakan keras ke tiang jauh. Skor kembali imbang 1-1.

Arema kembali bermain agresif setelah skor kembali imbang. Tuan rumah mendapat peluang dari dua tendangan sudut dan satu tendangan bebas dalam sepuluh menit pertama. Tapi tidak ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol. Arema masih terus mencari kesempatan untuk mencetak gol.

Kedua tim harus berjuang keras untuk menembus pertahanan lawan. Beberapa peluang yang dimiliki masih bisa dipatahkan di area pertahanan. Seperti saat Persib mencoba menembus pertahanan Arema, di mana tembakan dari pemain-pemain seperti Ricki Kambuaya dan Ciro Alves selalu dapat diblokir oleh pertahanan. 

Peluang dimiliki Persib di menit ke-73. Itu tercipta dari umpan silang Erwin di sisi kanan. Tapi upayanya tersebut masih lebih dekat kepada kiper sehingga bisa diamankan oleh Teguh. Sementara itu, lima menit berselang, peluang dimiliki M. Rafli ke gawang Persib, tapi tembakan mendatarnya dapat diamankan oleh Recky di sisi kanan bawah gawang.

Persib berhasil membalikkan keadaan di menit ke-88 melalui gol David da Silva. Da Silva berhasil memaksimalkan umpan akurat dari Rachmat Irianto ke tengah kotak penalti dan langsung melepaskan sontekan ke gawang saat ia melihat pergerakan Teguh yang telah meninggalkan posisinya. Skor 2-1 untuk Persib.

 

Laga berlangsung dramatis saat Rizky Dwi berhasil menceploskan bola ke gawang Persib saat menerima umpan dari Rafli di menit ke-90+2. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Rafli sudah lebih dulu berada dalam posisi offside saat ia merebut bola liar di kotak penalti Persib. Laga pun berakhir dengan skor 2-1, kemenangan bagi Persib.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement