Ahad 11 Sep 2022 19:29 WIB

Arema Dikalahkan Persib di Kanjuruhan, Ini Pembelaan Pelatih

Arema sempat unggul tapi kemudian kalah tipis.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arema FC Javier Roca.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Pelatih Arema FC Javier Roca.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pelatih Arema FC Javier Roca mengaku kecewa dengan hasil dari pertandingan melawan Persib Bandung pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Ahad (11/9/2022) sore WIB. Tim berjuluk Singo Edan itu kehilangan poin di kandang sendiri setelah kalah 1-2 dari Persib Bandung. 

Arema sejatinya berhasil memimpin lebih dulu di penghujung babak pertama melalui gol yang diciptakan Dedik Setiawan. Namun Persib Bandung berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-48 melalui gol Beckham Putra yang baru masuk di babak kedua. Kemudian, David Da Silva membalikkan keadaan di menit ke-88 untuk memastikan kemenangan Persib.

Baca Juga

"Kami seluruh tim sangat kecewa dengan hasil yang kita dapat hari ini. Kami meminta maaf kepada seluruh Aremania dan Aremanita, keluarga Malang dan semua suporter Arema karena kurang maksimal," kata Javier dalam konferensi pers setelah pertandingan, Ahad (11/9/2022).

"Ini adalah hasil yang tidak adil menurut saya, tapi kan dalam sepak bola tidak ada yang adil sebenarnya. Jadi kita harus mengangkat kembali mental pemain agar ke depan bisa meraih hasil yang terbaik," kata dia menambahkan.

Kekalahan ini membuat Arema tertahan di peringkat ke-11 klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 11 poin. Sementara Persib yang mampu memperoleh tiga poin langsung naik ke peringkat ke-8 dengan perolehan 13 poin. Javier mengakui lini depan Arema kesulitan menembus pertahanan Persib sehingga sedikit sekali peluang ke gawang Persib.

"Siapapun yang melawan tim yang bermain secara defensif dengan hampir 9-10 orang memang sulit. Kita juga kurang tenang dan sabar untuk berkreasi dan membuka ruang agar rekan kita menciptakan gol," kata Javier. 

Javier beralasan kekalahan Arema terjadi karena banyak menurunkan pemain dengan menit bermain sedikit. Pasalnya, beberapa pemain inti Arema terpaksa harus diistirahatkan seperti Adilson Maringa yang kurang istirahat dan Evan Dimas yang disebut sedang terkena tipes dua hari setelah ia bergabung dengan Arema.

"Masalah tim menurut saya adalah banyaknya pemain yang main hari ini sudah lama tidak tampil, jadi ada masalah dari segi fisik," ujarnya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement