Senin 12 Sep 2022 23:57 WIB

Ridwan Kamil Jamin Jawa Barat Komitmen Kembangkan Pencak Silat

Bentuk dukung Jawa Barat adalah lahan 8 hektare untuk padepokan pencak silat

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar akan membangun padepokan pencak silat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.
Foto: istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar akan membangun padepokan pencak silat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jawa Barat bertekad mengembangkan olahraga dan pencak silat agar terus berprestasi dalam tingkat nasional dan internasional.

Salah satu bentuk dukungan Jawa Barat adalah menyediakan lahan 8 hektare untuk padepokan pencak silat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang yang arsitekturnya akan didesain Ridwan Kamil.

"Pencak silat di Jawa Barat adalah budaya nomor satu. Kami lestarikan dalam bentuk kurikulum, dalam rencana membuat padepokan di Jatinangor. Kita lestarikan dengan mengumandangkan hari Pencak Silat Jabar 12 Desember," kata Ridwan pada pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin.

Jabar berupaya menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi berbagai macam olahraga, termasuk pencak silat yang kerap berprestasi baik pada tingkat nasional maupun internasional.

"Kontingen Jabar berhasil menjadi juara umum baik di PON maupun di perhelatan internasional," kata Ridwan.

Upaya menjaga pencak silat telah dilakukan dengan melobi Unesco supaya menjadikan pencak silat sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Ridwan mengharapkan pencak silat tidak hanya sukses sebagai cabang olah raga, seni dan budaya, tapi juga sebagai media pembentukan watak dan karakter unggul dan tangguh.

Pencak Silat, kata dia , bisa menjadi salah satu nutrisi mewujudkan Indonesia Emas 2045."Mudah-mudahan Allah memberkahi negeri ini menjadi negara adidaya suatu hari nanti, dengan kekuatan watak yang dilatih dari bela diri dan budaya," kata Ridwan.

Pengurus baru IPSI Jawa Barat dilantik OLEH Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto yang mengapresisi kecintaan Ridwan Kamil kepada pencak silat, termasuk komitmen menyediakan lahan untuk padepokan pencak silat.

"Kita berberterima kasih. Kita akan diskusikan nanti, kita akan lihat. Beliau arsitek, katanya sudah desain sendiri. Kita akan lihat bagaimana kontribusi kepada kampung padepokan pencak silat Jabar," kata Prabowo.

Prabowo meminta pengurus baru IPSI Jawa Barat membina generasi penerus bangsa yang kuat dan tahan banting serta jujur.

"Begitu banyak prestasi dan sumbangan Jabar kepada kehormatan budaya kita. Pencak Silat adalah warisan budaya nenek moyang kita," kata dia yang yakin masa depan Indonesia akan cerah di tangan pemuda yang optimistis.

IPSI Jawa Barat periode 2022-2026 diketui Phinera Wijaya. Dia dipilih pada Musyawarah Provinsi XI di Hotel Preanger Bandung, pada Selasa 11 Januari 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement