Selasa 13 Sep 2022 12:03 WIB

Demo Tolak BBM Naik, Polda Metro Jaya Kerahkan 6.142 Personel

Polda Metro Jaya memperkirakan massa aksi berjumlah kurang lebih 1.900 orang.

Red: Ratna Puspita
Polda Metro Jaya mengerahkan sedikitnya 6.142 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk pengamanan unjuk rasa di beberapa titik Jakarta, Selasa (13/9/2022) ini.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Polda Metro Jaya mengerahkan sedikitnya 6.142 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk pengamanan unjuk rasa di beberapa titik Jakarta, Selasa (13/9/2022) ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya mengerahkan sedikitnya 6.142 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah untuk pengamanan unjuk rasa di beberapa titik Jakarta, Selasa (13/9/2022) hari ini. Polda Metro Jaya memperkirakan massa aksi berjumlah kurang lebih 1.900 orang dengan titik aksi di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Kekuatan pengamanan 6.142 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dikonfirmasi, di Jakarta.

Baca Juga

Elemen masyarakat yang akan menggelar aksi penyampaian pendapat hari ini adalah GEBRAK (Gerakan Buruh Bersama Rakyat), KPBI (Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia) dan Dema UIN Jakarta. Dia juga mengimbau kepada peserta aksi untuk selalu mematuhi peraturan agar aksi penyampaian pendapat berlangsung aman dan kondusif. 

Terkait aksi unjuk rasa tersebut, sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dalam rangka pengamanan aksi unjuk rasa. "Alih arus dilaksanakan Selasa tanggal 13 September 2022 pukul 10.00-selesai. Masyarakat menuju Istana agar mencari jalan alternatif lain," demikian dilansir dari akun Twitter Ditlantas Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro.

Skema pengalihan arus lalinnyasebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.

2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional).

3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement