Selasa 13 Sep 2022 15:05 WIB

"Squid Game" Menang Aktor dan Sutradara Serial Drama Terbaik Emmys Award 2022

Hwang Donghyuk dan Lee Jung-jae memenangkan kategori sutradara dan aktor terbaik di Squid Game.

Rep: Fergi Nadira Bachruddin/ Red: Partner
Drama survival fenomenal Korea Selatan
Foto: network /Fergi Nadira Bachruddin
Drama survival fenomenal Korea Selatan "Squid Game"

안녕하세여, 여러분들 (Annyeonghaseyo, yeorobundeul)...

Selamat untuk sutradara dan aktor dari Squid Game!!!

Drama survival fenomenal Korea Selatan "Squid Game" telah menjadi serial TV non-Inggris pertama yang memenangkan kategori aktor dan sutradara terbaik dalam serial drama di Primetime Emmy Awards bergengsi.

Pada upacara penerimaan pengharagan edisi ke-74 di Microsoft Theater di Los Angeles pada Senin (12/9/2022) waktu AS, Hwang Dong-hyuk sebagai produser, penuulis dan sutradara drama survival sensasi global, membawa pulang hadiah Outstanding Directing and Writing For a Drama untuk episode pertama seri Netflix, "Red Light, Green Light."

Dia bersaing dengan Mark Mylod, Cathy Yan dan Lorene Scafaria dari "Succession," Ben Stiller dari "Severance," Jason Bateman dari "Ozark" dan Karyn Kusama dari "Yellowjackets."

Ini adalah pertama kalinya serial TV non-Inggris mendapatkan Emmy, penghargaan paling didambakan di industri TV AS, untuk sutradaranya.

Hwang berterima kasih kepada platform streaming global Netflix karena telah membuka pintu untuk pertunjukan Korea-nya dan memberikan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengakses pemirsa global di luar Korea.

"Saya yakin saya harus mengatakan bahwa kita semua telah membuat sejarah bersama-sama," katanya dalam pidato penerimaannya seperti dikutip laman Yonhap News Agency, Selasa (13/9/2022). "Saya sangat berharap 'Squid Game' tidak akan menjadi serial non-Inggris terakhir yang hadir di Emmy, dan saya juga berharap ini juga bukan Emmy terakhir saya," imbuhnya.

Foto: Yonhap
Foto: Yonhap

Dia mengatakan dia akan kembali dengan musim kedua untuk 'Squid Game.' Sementara itu aktor utama Lee Jung-jae dinobatkan sebagai Aktor Utama Luar Biasa dalam Serial Drama, mengalahkan Jason Bateman dari "Ozark," Brian Cox dan Jeremy Strong dari "Succession," Bob Odenkirk dari "Better Call Saul" dan Adam Scott dari "Severance."

Lee menjadi pemain non-Inggris pertama dan aktor Korea Selatan yang memenangkan Emmy, salah satu dari empat penghargaan utama Amerika untuk seni pertunjukan dan hiburan. Dalam "Squid Game," Lee memainkan peran sebagai Gi-hun, seorang pria paruh baya yang kurang beruntung yang masuk dalam perangkap kompetisi misterius permainan anak-anak tradisional Korea yang menghadiahkan satu-satunya yang selamat dengan 45,6 miliar won dalam bentuk hadiah uang.

Dalam pidato penerimaannya, aktor tersebut berterima kasih kepada sutradara Hwang Dong-hyuk karena telah membuat serial yang diterima oleh penonton di seluruh dunia dan penggemar Korea karena telah mendukungnya.

Foto: Yonhap
Foto: Yonhap

"Terima kasih sutradara Hwang karena membuat masalah realistis yang kita semua hadapi menjadi hidup dengan sangat kreatif di layar dengan naskah yang bagus dan visual yang luar biasa," katanya. "Saya ingin berbagi kehormatan luar biasa ini dengan penggemar, teman, dan keluarga saya di Korea."

Secara total, "Squid Game" telah mengumpulkan enam gelar Emmy: dua gelar utama pada upacara Senin dan empat di Emmy Seni Kreatif yang diadakan minggu lalu. Netflix original mengumpulkan 14 nominasi di Emmy tahun ini.

Ini adalah serial orisinal hit terbesar Netflix, dengan total 1,65 miliar jam penayangan dalam empat minggu pertama. Musim keduanya sekarang dalam produksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement