Satlantas Polres Purbalingga Buka Pelayanan SIM Bagi Disabilitas

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Pelayanan SIM disabilitas Polres Purbalingga
Pelayanan SIM disabilitas Polres Purbalingga | Foto: Polres Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Satlantas Polres Purbalingga, Jawa Tengah, menyosialisasikan kembali terkait pelayanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi disabilitas, termasuk penyandang tuna rungu. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Mia Novrilla Savitry menyampaikan, hal itu berdasarkan Surat Telegram Nomor : ST/1938/IX/Yan.1.1./2022 tanggal 9 September 2022 tentang Petunjuk Penerbitan SIM bagi Penyandang Disabilitas.

"Pemohon disabilitas khususnya tuna rungu atau tuli yang telah memenuhi persyaratan kesehatan dibuktikan surat keterangan dokter berhak melakukan permohonan pendaftaran SIM A atau C," jelasnya, Rabu (14/9/2022) di kantor Satlantas.

Untuk penyandang disabilitas lainnya yang telah memenuhi persyaratan kesehatan berdasarkan surat keterangan dokter juga berhak melakukan permohonan pendaftaran SIM D atau D1. Mereka akan melakukan tes dengan menggunakan kendaraan khusus yang telah dimodifikasi sesuai dengan kondisi disabilitas tersebut.

"Untuk persyaratan lainnya tetap sama dengan pemohon SIM umum mulai dari tes psikologi, ujian AVIS, dan ujian praktik," jelasnya.

Kasat Lantas menambahkan pelayanan penerbitan SIM bagi penyandang disabilitas ini merupakan wujud pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan demikian, dapat mengakomodasi para disabilitas yang membutuhkan penerbitan SIM dengan persyaratan yang sudah ditentukan.

Terkait


Pemprov Jatim Apresiasi Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Menjadikan Disabilitas di Garut Mandiri Secara Ekonomi

Anak Penyandang Disabilitas di Kota Bogor Diperkosa Petugas Keamanan Perumahan

Tahun Ini, 830 Warga Disabilitas Sleman Terima Bansos Terencana

Mahasiswa Unpad Kembangkan Aplikasi Teman Disabilitas Lengkap Pertama di Indonesia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark