Rabu 14 Sep 2022 14:35 WIB

BKN Siapkan 4.750 Soal SKD Tes Seleksi PPPK 2022 

Soal terdiri atas kompetensi PPPK, manajerial, sosial kultural, dan wawancara.

Rep: Febryan A/ Red: Ratna Puspita
Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan 4.750 soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon ASN PPPK 2022.
Foto: Republika/Mardiah
Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan 4.750 soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon ASN PPPK 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah telah menetapkan 530 ribu lowongan atau formasi yang akan dibuka dalam seleksi penerimaan ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2022. Meski belum diketahui kapan proses seleksi akan dimulai, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan ribuan soal tes. 

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menjelaskan, tes seleksi ASN PPPK tahun ini tetap menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). BKN telah menyiapkan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang harus dijawab para pelamar saat tes. 

Baca Juga

"Soal yang tersedia dan telah diterima BKN ada 4.750 soal SKD CASN," kata Suharmen dalam siaran pers Kemenpan-RB, Rabu (14/9/2022). 

Ribuan soal itu terdiri atas soal seleksi kompetensi PPPK, soal manajerial, soal sosial kultural, serta soal wawancara. Suherman juga memastikan bahwa celah-celah kecurangan dalam tes CASN Tahun 2021 telah berhasil ditutup sehingga tak ada lagi celah bagi peserta seleksi tahun ini untuk berbuat culas saat tes. 

Sebelumnya, Pemerintah menyatakan bahwa tahun 2022 ini akan dibuka 530.028 lowongan atau formasi ASN PPPK. Setengah juta lowongan tersebut terdiri atas 90.690 formasi untuk instansi pusat dan 439.338 untuk instansi daerah. 

Rincian kebutuhan daerah adalah 319.716 formasi PPPK Guru, 92.014 formasi PPPK Tenaga Kesehatan, serta 27.608 formasi PPPK Tenaga Teknis. Menpan-RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan, penetapan formasi ASN PPPK tahun ini memprioritaskan pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan. Penataan tenaga honorer juga jadi pertimbangan dalam menetapkan formasi. 

"Arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2022 kita fokus pada pelayanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan. Fokus lainnya adalah keberpihakan kepada eks tenaga honorer kategori II (THK-II)," ujarnya, kemarin. 

Anas tak menyebutkan kapan proses seleksi PPPK ini akan dimulai. Dalam kesempatan sebelumnya, dia sempat menyebut bahwa seleksi PPPK tenaga kesehatan akan digelar akhir September 2022 ini. Para tenaga honorer kesehatan itu akan mendapatkan nilai afirmasi sehingga lebih berpeluang lulus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement