BB TNBTS Sayangkan Turis Asing Kencingi Kawah Gunung Bromo

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi

Suasana Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (ilustrasi).
Suasana Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Umarul Faruq

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebuah unggahan viral di media sosial Instagram. Pemilik akun @hometown.earth diduga telah mengencingi kawah Gunung Bromo.

Berdasarkan pengamatan Republika, unggahan tersebut telah dihapus oleh pemilik akun pada Rabu (14/9/2022) pukul 14.30 WIB. Namun unggahan tersebut sudah diunggah ulang oleh sejumlah akun milik orang Indonesia lainnya. Sebab itu, aksi tersebut masih beredar di medsos dan menimbulkan kemarahan warganet.

Mengetahui hal tersebut, Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan, dan Kehumasan, Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat mengaku prihatin, kecewa dan menyayangkan terjadinya peristiwa tersebut. Selain tidak etis, kencing di sembarang tempat juga mencederai kesakralan lokasi yg dihormati oleh masyarakat Tengger.

Menurut Sarif, Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS) memang dikenal karena keindahan alamnya. Namun lokasi tersebut juga disucikan atau dihormati oleh masyarakat Tengger. Oleh karena itu, siapa pun yang berkunjung ke TNBTS bisa menjunjung tinggi dan menghormati kesakralannya.

Ada pun terkait tindak lanjut terhadap wisatawan asing tersebut, Sarif menyatakan, sejauh ini hanya berupa penyampaian keprihatinan. Selanjutnya, pihaknya akan mengupayakan edukasi baik melalui media sosial maupun lainnya agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

"Dan diharapkan bisa efektif dan menambah wawasan pengunjung Bromo dan sekitarnya," ucap Sarif saat dikonfirmasi Republika, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Mobil Jip Kecelakaan di Gunung Bromo Masuk Jurang

Gubernur Jatim Sebut Bromo Jadi Wisata Ikonik dengan Suku Tengger

Upacara Bendera HUT RI di Plato Gunung Bromo

Tingkatkan Daya Tarik Bromo, Jembatan Kaca Dibangun

Pengunjung yang Hilang di Gunung Bromo Berhasil Ditemukan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark