Rabu 14 Sep 2022 22:36 WIB

Majukan Pramuka, Wali Kota Sukabumi Terima Penghargaan Lencana Darma Bakti

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka berkepribadian yang beriman

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Penghargaan lencana darma bakti gerakan Pramuka diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sekaligus Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi. Hal tersebut diberikan karena sosok tersebut berkontribusi pada pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka.
Foto: istimewa
Penghargaan lencana darma bakti gerakan Pramuka diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sekaligus Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi. Hal tersebut diberikan karena sosok tersebut berkontribusi pada pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Penghargaan lencana darma bakti gerakan Pramuka diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sekaligus Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi. Hal tersebut diberikan karena sosok tersebut berkontribusi pada pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka.

Penyematan penghargaan Darma Bakti tersebut dilakukan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jabar di Gedung Sate Bandung, Rabu (14/9/2022). Penghargaan ini diberikan dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Kwarda Jabar. Selain gubernur hadir pula Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Bachtiar Utomo, dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Baca Juga

'' Alhamdulillah menerima amanah Lencana Darma Bakti dalam gerakan pramuka,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Rabu. Lencana Darma Bakti merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Menurut Fahmi, mari bersama tingkatkan semangat dan bekerja keras untuk terus berbuat, berkarya dan berinovasi, agar gerakan pramuka dapat terus berkembang dan maju. Terutama sebagai ajang dalam pembentukan karakter para pemuda dan memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat.

Gubernur Jabar sekaligus Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jabar Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan termasuk yang menerima lencana Darma Bakti. '' Saya melihat tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan, perubahan yang selalu menjadi keseharian kita,'' kata dia.

Barang siapa beradaptasi dengan perubahan itu insya Allah unggul ekssistensinya akan panjang. Sehingga Gerakan Pramuka harus membaca dan melihat perubahan yang terjadi di sekitar.'' Memperingati hari pramuka tingkat Jabar untuk menggeliatkan semangat kemajuan kekinian dalam gerakan Pramuka Se Jabar,'' ujar Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Sejalan dengan UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka berkepribadian yang beriman bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin menjungjung tinggi nilai luhur bangsa.

Selain itu kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan Republik Indonesia. Mengamalkan pancasila dan melestarikan lingkunhan hidup.

Kegiatan ini kata Atalia, sebagai upaya terus menggelorakan semangat kepramukaan di Jabar. Demgan tujuan melestarikan nilai nilai kepramukaam dan membina generasi muda yang berkualitas sebagai upaya meningkatkan dalam eksisitensi Pramuka di Jabar sebagai wadah pembinaan generasi muda dan pembinaan karakter.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement