Kamis 15 Sep 2022 01:33 WIB

'Squid Game' Cetak Sejarah Menakjubkan di Primetime Emmy Awards

Sang sutradara berharap 'Squid Game' tak menjadi serial non-Inggris terakhir di Emmy.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Drama fenomenal dari Korea Selatan
Foto: Netflix
Drama fenomenal dari Korea Selatan "Squid Game" mencetak rekor menakjubkan di Primetime Emmy Awards. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Drama fenomenal dari Korea Selatan "Squid Game" menjadi serial TV non-Inggris pertama yang memenangkan aktor dan sutradara terbaik dalam serial drama di Primetime Emmy Awards. Pada perhelatan edisi ke-74 di Microsoft Theater di Los Angeles, Senin (12/9/2022) setempat, produser, sutradara, dan penulis “Squid Game” Hwang Dong-hyuk membawa pulang hadiah Penyutradaraan Luar Biasa dan Penulisan Untuk Serial Drama untuk episode pertama serial Netflix, "Red Light, Green Light."

Hwang bersaing dengan Mark Mylod, Cathy Yan, dan Lorene Scafaria dari "Succession," Ben Stiller dari "Severance," Jason Bateman dari "Ozark,” dan Karyn Kusama dari "Yellowjackets." Ini adalah pertama kalinya serial TV non-Inggris mendapatkan Emmy, yaitu penghargaan paling didambakan di industri TV AS, untuk sutradaranya.

Baca Juga

Hwang berterima kasih kepada platform streaming global Netflix karena telah membuka pintu untuk pertunjukan Korea-nya dan memberikan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengakses pemirsa global di luar Korea. "Saya yakin saya harus mengatakan bahwa kita semua telah membuat sejarah bersama-sama," kata Hwang dalam pidato penerimaannya dilansir Yonhap News, Selasa (13/9).

Hwang sangat berharap “Squid Game” tidak akan menjadi serial non-Inggris terakhir yang hadir di Emmy. Dia juga ingin penghargaan itu bukan Emmy terakhirnya.

Hwang mengatakan, dia akan kembali dengan musim kedua dan mengincar penghargaan tertinggi di Emmy di waktu berikutnya, yang diraih oleh "Succession" HBO pada tahun ini. "Kami kalah dari 'Succession' di setiap upacara penghargaan sejauh ini. Malam ini, ketika presenter mengatakan 'S' untuk serial drama terbaik, saya bangkit karena saya berharap mereka akan memanggil 'Squid Game.’ Tapi mereka bilang 'Succession,’ dan saya duduk lagi,” ujar Hwang dalam jumpa pers terpisah.

Hwang mengatakan, dia sangat ingin kembali ke Emmy pada tahun berikutnya. Dia mengincar hadiah serial drama terbaik dengan musim dua “Squid Game” selanjutnya. Dia ingin naik ke panggung bersama semua pemain dan kru. Hwang masih mengerjakan skrip untuk musim dua yang akan memiliki beberapa perubahan karakter dan plot.

Aktor utama Lee Jung-jae dinobatkan sebagai Aktor Utama Luar Biasa dalam Serial Drama, mengalahkan Jason Bateman dari "Ozark," Brian Cox dan Jeremy Strong dari "Succession," Bob Odenkirk dari "Better Call Saul,” dan Adam Scott dari "Severance." Lee menjadi pemain non-Inggris pertama dan aktor Korea Selatan yang memenangkan Emmy, salah satu dari empat penghargaan utama Amerika untuk seni pertunjukan dan hiburan.

Dalam "Squid Game," Lee memainkan peran sebagai Gi-hun, yaitu seorang pria paruh baya kurang beruntung yang ditarik ke kompetisi misterius permainan anak-anak tradisional Korea dengan hadiah 45,6 miliar won (sekitar Rp 489 miliar) dalam bentuk hadiah uang. Dalam pidato penerimaannya, aktor itu berterima kasih kepada sutradara Hwang Dong-hyuk karena telah membuat serial yang diterima oleh penonton di seluruh dunia, serta penggemar Korea karena telah mendukungnya.

"Terima kasih sutradara Hwang karena membuat masalah realistis yang kita semua hadapi menjadi hidup dengan sangat kreatif di layar dengan naskah yang bagus dan visual yang luar biasa," kata dia.

Dalam konferensi pers terpisah, Lee mengatakan bahasa bukan satu-satunya cara orang bercerita. "Aktor tidak hanya bercerita dengan bahasa. Ada banyak cara lain," ujar sutradara film HUNT itu.

Menurut dia, pesan dan ide dari sebuah cerita jauh lebih penting untuk dikomunikasikan kepada banyak orang. Pun serial “Squid Game” beresonansi dengan baik dengan orang-orang di seluruh dunia. Secara total, "Squid Game" telah mengumpulkan enam gelar Emmy, yaitu dua gelar utama pada upacara Senin dan empat di Emmy Seni Kreatif yang diadakan pada pekan lalu. Serial orisinal Netflix itu mengumpulkan 14 nominasi di Emmy pada tahun ini.

“Squid Game” adalah serial orisinal hit terbesar Netflix, dengan total 1,65 miliar jam penayangan dalam empat pekan pertama. Musim keduanya masih dalam tahap produksi saat ini.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 110)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement