Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Zelenskyy Diminta Sampaikan Pidato Sidang Umum PBB Lewat Video

Kamis 15 Sep 2022 00:49 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha

PBB mempertimbangkan proposal Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk menyampaikan pidato tahunannya di Majelis Umum pekan depan melalui rekaman video.

PBB mempertimbangkan proposal Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk menyampaikan pidato tahunannya di Majelis Umum pekan depan melalui rekaman video.

Foto: AP/Efrem Lukatsky
Zelenskyy dijadwalkan berpidato dalam pertemuan tingkat tinggi pada 21 September.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- PBB mempertimbangkan proposal Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk menyampaikan pidato tahunannya di Majelis Umum pekan depan melalui rekaman video. Diplomat Rusia mengatakan Moskow menyerukan pemungutan suara untuk memutuskan usulan Ukraina itu.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan Rusia menolak Zelenskyy melalui video.

Baca Juga

"Zelenskyy jalan-jalan dengan sempurna keliling negeri tapi ia tidak dapat datang ke sini, dan bila anda tidak dapat datang, artinya anda mengirim perwakilan anda untuk berbicara di Sidang Umum," kata Nebenzia, Kamis (14/9/2022).

Dalam catatan yang diperuntukan anggota Sidang Umum, Misi Ukraina di PBB mengatakan Zelenskyy "tidak bisa berpartisipasi langsung di pertemuan Sidang Umum karena agresi Rusia yang sedang berjalan terhadap Ukraina."

Saat ini Zelenskyy dijadwalkan menyampaikan pidato dalam pertemuan tingkat tinggi pada Rabu (21/9/2022). Dalam rancangan keputusan untuk mempertimbangkan usulan itu, Jumat (15/9/2022), disebutkan hal ini tidak untuk menjadi "preseden pada debat umum di masa depan dan mandat pertemuan tingkat tinggi yang direncanakan beberapa pekan di masa depan."

Selama dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19 pemimpin dunia diizinkan mengirimkan rekaman video pidatonya. Tapi tahun diharapkan mereka bisa datang ke New York untuk berpidato di Sidang Umum PBB.

Satu pekan setelah Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu tiga perempat anggota Majelis Umum memilih lembaga beranggotakan 193 negara itu untuk menegur Moskow dan memintanya menarik pasukan. Tiga pekan kemudian mengecam Rusia karena telah menciptakan situasi kemanusiaan "yang mengerikan".

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile