Kamis 15 Sep 2022 11:04 WIB

Google Rilis Ulasan PlayStore Sesuai Perangkat Pengguna

Ada pemberitahuan untuk memberi tahu pengguna peringkat telah diverifikasi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Playstore. Ilustrasi. Google Rilis Ulasan PlayStore Sesuai Perangkat Pengguna
Foto: Ubergizmo
Playstore. Ilustrasi. Google Rilis Ulasan PlayStore Sesuai Perangkat Pengguna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google merilis fitur yang membuat penilaian aplikasi di PlayStore menjadi jauh lebih mudah. Fitur tersebut hanya akan menampilkan ulasan berdasarkan jenis perangkat pengguna, baik ponsel, tablet, atau Chromebook.

Perubahan yang sudah diumumkan pada Agustus 2021 tiba saat Google bersiap-siap meluncurkan tablet dan perangkat yang dapat dikenakannya sendiri. Di bagian ulasan di PlayStore sekarang, ada pemberitahuan untuk memberi tahu pengguna peringkat telah diverifikasi. Pengguna akan melihat umpan balik dari orang-orang yang menggunakan jenis perangkat yang sama.

Baca Juga

Fitur ini menjadi semakin penting karena aplikasi Android menyebar ke lebih banyak faktor bentuk. Misal, seseorang yang menggunakan Tablet Pixel Google yang akan datang akan mengalami aplikasi yang sangat berbeda dari seseorang yang menjalankannya di Chromebook. Orang-orang yang menggunakan ponsel lipat mungkin akan tertarik dengan cara kerja aplikasi di layar lebar.

Namun, ada beberapa peringatan untuk sistem. Sebagai catatan dalam postingan blog asli dari Esper yang ditulis oleh Mishaal Rahman dan Google, tablet dan perangkat yang dapat dilipat dikelompokkan ke dalam kategori yang sama. Meskipun sebagian besar masuk akal untuk perangkat seperti Galaxy Z Fold atau Surface Duo dengan layar masing-masing 7,6 dan 8,3 inci, sepertinya Galaxy Z Flip dengan layar 6,7 inci tidak berada dalam kategori yang sama Galaxy Tab S8 Ultra 14,6 inci.

Perlu juga diingat bahwa toko mematikan jenis perangkat, bukan perangkat spesifik yang dimiliki. Namun, PlayStore memungkinkan pengguna melakukan ini secara manual. Jika pengguna masuk ke bagian peringkat dan ulasan untuk suatu aplikasi, lalu ketuk tombol filter tiga baris yang muncul sebelum ulasan dimulai, pengguna dapat memintanya untuk hanya menampilkan ulasan yang sesuai dengan model perangkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement