Kamis 15 Sep 2022 13:29 WIB

Polisi: Tim Khusus Dalami Peran Pemuda Madiun Terduga Bjorka

Polisi belum menyimpulkan pemuda asal Madiun yang ditangkap adalah Bjorka.

Red: Nur Aini
Peretasan Bjorka
Foto: VOA
Peretasan Bjorka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Khusus perlindungan kebocoran data pemerintah masih mendalami peran pemuda asal Madiun yang ditangkap terkait dugaan keterlibatan dalam peretasan "Bjorka",

"Yang di Madiun sedang didalami terkait masalah yang bersangkutan (peretasan)," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga

Dedi membenarkan adanya tindakan hukum di Madiun, Jawa Timur, tetapi belum disimpulkan pemuda yang diamankan tersebut adalah "Bjorka".

Dia menjelaskan, Tim Khusus yang melibatkan Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sudah bekerja terkait pencegahan kebocoran data pemerintah.

"Timsus sudah bekerja. Apa yang dilakukan akan disampaikan lebih lanjut oleh Timsus," kata Dedi.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, informasi penangkapan terduga "Bjorka" itu baru diperoleh dari wilayah Madiun, Jawa Timur. Sedangkan, soal informasi penangkapan terduga hacker di wilayah Cirebon, Jawa Barat, belum diperoleh keterangan.

"Yang saya dapat informasi yang di Jawa Timur saja; yang di Cirebon belum, tidak ada (penangkapan)," kata Dedi.

Mantan kapolda Kalimantan Tengah itu mengatakan, saat ini Tim Khusus masih bekerja untuk mendalami keterlibatan atau peran dari pemuda yang diduga "Bjorka" tersebut.

"Masih didalami Timsus, kita sabar menunggu Timsus bekerja. Biarkan Menkopolhukam sampaikan secara komprehensif, saya hanya informasi awal," kata Dedi.

Polisi mengamankan seorang pemuda asal Madiun, Jawa Timur, karena diduga terlibat dengan kegiatan peretasan yang mengaku sebagai "Bjorka".

Sesuai informasi, pemuda tersebut bernama Muhammad Agung Hidayatulloh (21 tahun), warga Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, yang diamankan Tim Siber Polri pada Rabu (14/9/2022), sekitar pukul 18.30 WIB.

Baca juga : Pemuda Asal Madiun Ditangkap Diduga Terkait Bjorka

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement