Kamis 15 Sep 2022 21:36 WIB

Masjid di Stockton Pasang Lampu Warna-warni Hormati Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Masjid Farooq E Azam di Stockton punya cara tersendiri hormati Ratu Elizabeth II

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Dari kiri, Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, Camilla Permaisuri dan Tim Laurence saat Ibadah Doa dan Refleksi untuk Kehidupan Ratu Elizabeth II di Katedral St Giles, Edinburgh, Senin, 12 September 2022.
Foto: AP/Jane Barlow/POOL pa
Dari kiri, Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, Camilla Permaisuri dan Tim Laurence saat Ibadah Doa dan Refleksi untuk Kehidupan Ratu Elizabeth II di Katedral St Giles, Edinburgh, Senin, 12 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKTON — Warna-warni lampu menyala terang di bagian luar bangunan sebuah masjid di Stockton, Inggris. Lampu-lampu itu memancarkan bentuk dan warna bendera nasional Britania Raya. Lampu-lampu itu dinyalakan untuk memperingati wafatnya Ratu Elizabeth II.

Ialah Masjid Farooq E Azam sebuah masjid yang terletak di Stockton's Bowesfield Lane yang mempunyai caranya sendiri dalam menghormati kepergian Ratu Elizabeth II. Lampu-lampu masjid ini menyala terang dan memancarkan warna merah, putih, dan biru setiap setelah sholat Maghrib. 

Baca Juga

Tiga orang pria yang merupakan jamaah Masjid Farooq E Azam yaitu Jay Hussain, Sugga Ahmed, Sid Bashir berada di balik ide lampu-lampu warna warni untuk memberikan penghormatan mereka. 

Jay menjelaskan bahwa lampu-lampu itu bahkan dapat dilihat dari A66. Imam Masjid bahkan memberikan stempel persetujuannya untuk penghormatan kepada Ratu. 

"Kami ingin memberikan penghormatan kami sendiri kepada Ratu karena dia melakukan pekerjaan luar biasa untuk negara ini, kami memutuskan kami akan mengubah lampu dengan warna yang sama dari Bendera Union tepat setelah dia meninggal dan mereka akan tetap seperti itu sampai setelah pemakamannya," kata Jay seperti dilansir Teesside Live pada Kamis (15/9/2022). 

Dia menjelaskan bahwa ada respons yang besar dari warga sekitar yang diberitahu tentang perubahan cahaya dari lampu Masjid. Warna-warni lampu itu populer di tengah masyarakat yang datang ke masjid untuk sholat. 

Jay dan Sugga mengontrol lampu dari aplikasi di ponsel mereka, sementara Sid adalah orang yang memasang lampu LED di sekitar Masjid hanya beberapa pekan sebelumnya. 

"Kami mendapat tanggapan yang bagus dari semua orang, bahkan penduduk setempat yang tinggal di daerah itu senang dengan perubahan lampu. Imam juga senang dengan ide kami yang luar biasa, lampunya sangat menonjol di setelah isya dan kami telah diberitahu bahwa Anda bahkan dapat melihatnya dari A66,"  

Lampu di Masjid dinyalakan sekitar pukul 8 malam setelah sholat isya, dan akan terus menjadi warna Bendera Persatuan sebagai penghormatan kepada Ratu sampai setelah pemakamannya Senin depan.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement