Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kemenkes: Aplikasi PeduliLindungi Sudah Normal Kembali

Kamis 15 Sep 2022 14:56 WIB

Red: Andri Saubani

Warga memindai kode QR pada aplikasi PeduliLindungi saat masuk Taman Sempur di Kota Bogor, Jawa Barat. Pada Kamis (15/9/2022) petang aplikasi PeduliLindungi sempat mengalami gangguan. (ilustrasi)

Warga memindai kode QR pada aplikasi PeduliLindungi saat masuk Taman Sempur di Kota Bogor, Jawa Barat. Pada Kamis (15/9/2022) petang aplikasi PeduliLindungi sempat mengalami gangguan. (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Aplikasi PeduliLindungi sempat mengalami gangguan pada Kamis petang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan Kementerian Kesehatan, Setiaji memastikan saat ini layanan PeduliLindungi sudah kembali beroperasi secara normal setelah mengalami kendala sulit diakses pada Kamis (15/9/2022) petang. Ia menjelaskan, gangguan sulit akses pada aplikasi yang terjadi pada petang ini disebabkan proses pemeliharaan rutin yang masih berlangsung.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna PeduliLindungi. Saat ini pemeliharaan rutin masih berdampak pada sebagian pengguna PeduliLindungi," kata Setiaji, Kamis.

Baca Juga

Sebelumnya pada Rabu (14/9/2022) pagi PeduliLindungi juga sempat mengalami kendala tidak bisa diakses oleh banyak pengguna. Namun, Kementerian Kesehatan tak lama setelah itu akses PeduliLindungi segera kembali normal.

Ternyata hal tersebut kembali terulang pada Kamis sore hingga malam sehingga beberapa pengguna tidak dapat mengakses layanan PeduliLindungi baik untuk melakukan check-in ke tempat publik ataupun untuk mengakses sertifikat vaksin Covid-19 secara daring. Kesulitan akses itu dirasakan oleh cukup banyak calon penumpang kendaraan umum di stasiun-stasiun kereta api dan banyak yang mengunggah kesulitannya itu melalui media sosial Twitter.

Sebagai antisipasi bila PeduliLindungi kembali bermasalah, Setiaji menyarankan agar masyarakat bisa mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 ke gawainya agar nantinya saat beraktivitas di ruang publik masyarakat bisa menunjukkan status vaksinasinya dengan lebih mudah.

"Untuk kebutuhan memasuki ruang publik (apabila PeduliLindungi bermasalah) agar masyarakat dapat memanfaatkan fitur group check-in atau menunjukkan sertifikat vaksin yang telah diunduh," ujar Setiaji.

 

Adapun untuk memastikan PeduliLindungi bisa bekerja dengan optimal baik di ponsel dengan sistem operasi iOS maupun Android maka masyarakat bisa mengunduh pembaruan versi terbaru dari aplikasi PeduliLindungi.

 

Dengan versi aplikasi terbaru, pengguna bisa lebih nyaman dan memiliki pengalaman yang lebih baik untuk melakukan aktivitas bersama PeduliLindungi.

 

PeduliLindungi awalnya merupakan aplikasi yang dikembangkan Pemerintah Pusat sebagai aplikasi membantu penanganan COVID-19.

 

Namun Kementerian Kesehatan berencana ke depannya akan menjadikan PeduliLindungi sebagai aplikasi yang lebih mutakhir sebagai aplikasi layanan kesehatan masyarakat.

 

Sehingga tidak hanya terkait dengan COVID-19 tapi layanan kesehatan lainnya juga bisa ditemukan masyarakat lewat aplikasi ini di masa mendatang.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile