Kamis 15 Sep 2022 22:35 WIB

Cara Tepat Mengatasi Pandemic Fatigue Menurut Psikolog

Dalam menyikapi pandemic fatigue perlu memperhatikan kepentingan orang lain.

Red: Qommarria Rostanti
Cara tepat menghadapi pandemic fatigue. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Cara tepat menghadapi pandemic fatigue. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lab Intervensi Sosial dan Krisis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Dianti Endang Kusumawardani mengatakan pandemic fatigue atau kelelahan terhadap pandemi hendaknya disikapi dengan kesadaran sosial.

Dalam "Bincang Covid-19: Pandemic Fatigue" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (15/9/2022), Dianti juga mengatakan, dalam menyikapi pandemic fatigue perlu memperhatikan kepentingan orang lain. Hal tersebut termasuk juga perlindungan pada kelompok-kelompok rentan terpapar Covid-19, dengan aktif mencarikan solusi terbaik.

Baca Juga

"Sebagai warga, kita dituntut tanggung jawab sosial, karena tadi bahwa tanggung jawab sosial itu kita harus memperhatikan orang lain dalam hal situasi pandemi seperti ini. Terutama tadi ya, selain memperhatikan kebutuhan kepentingan orang lain, kita juga perlu melindungi kelompok-kelompok yang rentan," ujar Dianti.

Menurut Dianti, perlu sekali untuk meningkatkan kesadaran norma tanggung jawab sosial, yang saat ini berlaku di masa pandemi adalah penerapan protokol kesehatan, agar upaya pencegahan penularan Covid-19 mendapatkan timbal balik yang positif. Sebaliknya, Dianti mengingatkan seseorang yang rajin menjaga kesehatannya dengan berolahraga dan meningkatkan imunitas, tidak boleh abai dengan penularan Covid-19 yang dapat memapar pada kelompok rentan.

"Jadi jangan mentang-mentang rajin olahraga teratur, sehat, dan sebagainya, kemudian enggak mikirin kelompok-kelompok yang rentan terpapar," kata Dianti.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement