Jumat 16 Sep 2022 14:35 WIB

Eko Kuntadhi Mundur dari Ketum Ganjarist, Ganjar: Saya tak Pernah Bentuk Relawan

Ganjar imbau kepada relawan kelompok mana pun agar tak serang individu.

Rep: M Noor Alfian/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku tidak akan ikut mengunjungi Pondok Pesantren Lirboyo menyusul mencuatnya kasus mantan ketua relawan 'Ganjaris' Eko Kuntadhi, yang menghina Ustadzah Ning Imaz di media sosial, Kamis (15/09/2022).  Hal tersebut diungkapkan Ganjar usai mengukuhkan koperasi bagi istri eks napiter di Grand Sae Hotel.

Baca Juga

"Ngopo? Aku Ganjar Pranowo kok," kata Ganjar, Jumat (16/9/2022).

Ganjar juga tidak mengonfirmasi bahwa Eko Kuntadhi adalah bagian dari relawan. Bahkan, Ganjar mengaku tidak pernah bentuk relawan. "Saya tidak pernah membentuk relawan kok," katanya (16/09/2022).

Kendati demikian Ganjar memberikan imbauan pada para relawan. Ia meminta agar relawan jangan menyerang individu dan tidak menjelek-jelekkan siapapun di manapun.

"Siapapun dari kelompok manapun, yang dukung-dukungan jangan menyerang individu. Jangan menjelek-jelekkan, jangan menyerang lembaga, itu menurut saya untuk siapapun," tegasnya.

Sebelumnya, Ustazah Ponpes Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Imaz Fatimatuz Zahra menjadi korban penghinaan dan pelecehan di lini masa Twitter. Ning Imaz, sapaan akrabnya, menjadi bahan olok-olok dan pelecehan seksual ketika videonya tentang ceramah kehidupan di surga dikomentari pegiat media sosial (medsos) Eko Kuntadhi @_ekokuntadhi.

Dalam statusnya, Eko mengunggah video berjudul 'Tolol tingkat kadal. Hidup kok cuma mimpi selangkangan' dalam video tausiyah Ning Imaz. Setelah mendapat teguran dari akun Nadirsyah Hosen @na_dirs alias Gus Nadir, Eko pun langsung menghapus status tersebut.

Atas kasus tersebut, Eko Kuntadhi sebelumnya sudah mengunjungi Ponpes Lirboyo untuk meminta maaf secara langsung. Eko mengaku khilaf atas apa yang telah ia lakukan.

Menurut Eko Kuntadhi, unggahannya di Twitter kemarin yang mencomot video dari Tiktok ternyata video tersebut diberi caption yang tidak pantas. "Saya menghaturkan permohonan maaf kepada Ning Imaz, Gus Rifqil, keluarga besar Lirboyo dan seluruh guru dan teman-teman NU. Saya akui saya kurang teliti saat membagikan potongan video tersebut," ujarnya.

Eko pun menyatakan mundur dari ketum Ganjarist. Ia meminta agar kasus ini tidak dikaitkan dengan Ganjar Pranowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement