Rabu 26 Oct 2022 12:13 WIB

5 Tanda Diterimanya Amal Seseorang

Tanda amal diterima salah satunya banyak orang mencintai orang tersebut.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Lima tanda amal baik diterima.

REPUBLIKA.CO.ID, 5 Tanda Diterimanya Amal Seseorang

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Ya Allâh! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.”  (Musnad Imam Ahmad, 6/322, Sunan Ibnu Majah, no  925, Shahih Ibni Majah, no 753)   

Hadits ini menunjukkan betapa urgennya amal yang diterima. Sedangkan, tanda-tanda amal diterima itu ada lima macam yaitu sebagai berikut.

> Doanya dikabulkan Allah. Hadits tentang tiga orang yang terjebak dalam gua dan mereka masing-masing berdoa dengan berwasilah kepada amal ibadahnya yang lalu. Doa mereka terkabul karena amalan mereka diterima Allah.

>Banyak manusia yang mencintai dan menghargai orang tersebut. “Sesungguhnya Allah kalau mencintai si Fulan, memerintah Jibril AS untuk menyeru penduduk langit, ‘Wahai penduduk langit, sesungguhnya Allah SWT mencintai si Fulan, maka cintailah dia.’ Penduduk langit pun mencintai Fulan dan di bumi semua orang menerimanya.”

>Mendapat taufik Ilahi untuk melakukan amal saleh berikutnya

>Kontinu dalam beramal. Segala sesuatu yang dilakukan karena Allah SWT, akan langgeng dan terus, sedangkan kalau karena manusia, amal akan terputus (QS asy-Syura: 2).

Kelima, rela akan hukum Allah SWT dan menerima qadha dan takdir-Nya. (QS al-Bayyinah: 8).

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement