Ahad 18 Sep 2022 22:37 WIB

Manajemen Madura United Soroti Kinerja Wasit Saat Melawan Persija

Banyak pelanggaran yang terjadi di laga itu namun tidak disahkan oleh wasit.

Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Madura United FC Luiz Marcelo (kanan) diadang pesepak bola Persija Jakarta Hansamu Yama (kiri) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2022).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Pesepak bola Madura United FC Luiz Marcelo (kanan) diadang pesepak bola Persija Jakarta Hansamu Yama (kiri) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Manajemen Madura United FC menyoroti kinerja wasit yang dinilai kurang teliti dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia melawan Persija Jakarta. Laga di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jakarta Barat, Sabtu (17/9/2022), itu berakhir imbang 0-0.

"Banyak pelanggaran, akan tetapi tidak disahkan oleh wasit. Masyarakat bisa menilai langsung di tayangan ulang televisi, berbagai jenis pelanggaran yang terjadi di laga itu, akan tetapi dibiarkan tanpa sanksi," kata Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB) Zia Ul Haq di Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (18/9/2022).

Baca Juga

Salah satu pelanggaran yang terkesan dibiarkan tanpa sanksi oleh wasit di laga itu, pelanggaran di kotak penalti yang menimpa pemain Madura United, Novan Setya Sasongko.

"Dengan demikian, maka kerja keras pemain di lapangan bisa terpengaruh negatif dengan keputusan-keputusan wasit dalam memimpin pertandingan. Ketidaktelitian wasit bisa menjadikan kualitas pertandingan kurang indah karena sajian protes menjadi tontonan dalam sepersekian detik," kata Zia.

Karena itu, Zia meminta agar komite wasit proaktif menyikapi hal, sehingga sepak bola Tanah Air bisa tersaji dengan baik, tanpa protes sebagaimana terjadi di laga antara Persija dengan Madura United itu.

Di pengujung pertandingan, Madura United sempat membobol gawang Persija, tetapi peluit tanda bubaran berbunyi bersamaan dengan bola yang melaju ke gawang Macan Kemayoran.

Meski bermain imbang, Laskar Sape Kerrap tetap berada di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 23 poin, sedangkan Persija menempati peringkat keempat dengan selisih dua poin.

Selepas jeda internasional, Madura United bakal bertandang ke markas Borneo FC pada 1 Oktober 2022, sementara Persija baru main sehari kemudian di kandang Persib Bandung.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement