Senin 19 Sep 2022 14:01 WIB

The Fabelmans Menang Hadiah Utama TIFF, Steven Spielberg Terharu

Menang TIFF, 'The Fabelmans' digadang jadi kandidat awal pemenang Oscar.

Red: Reiny Dwinanda
Sutradara dan produser film Steven Spielberg tiba di pemutaran film The Fabelmans di Toronto International Film Festival (TIFF), Toronto, Kanada, 10 September 2022
Foto: EPA-EFE/EDUARDO LIMA
Sutradara dan produser film Steven Spielberg tiba di pemutaran film The Fabelmans di Toronto International Film Festival (TIFF), Toronto, Kanada, 10 September 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film baru karya sutradara Steven Spielberg berjudul The Fabelmans mengamankan posisinya sebagai "kandidat awal" pemenang Oscar pada Ahad (18/9/2022) waktu setempat dengan memenangkan penghargaan utama di Festival Film Internasional Toronto (TIFF). Bagi Spielberg, film ini sangat personal.

The Fabelmans merupakan drama semi-otobiografi yang didasarkan pada masa kecil Spielberg, meliputi pernikahan orang tuanya yang bermasalah, intimidasi anti-Semit, dan usaha awalnya mengarahkan film-film tanpa anggaran bersama teman-teman remajanya. Film ini mendapat sambutan meriah dari penonton di premier dunia akhir pekan lalu di festival Toronto.

Baca Juga

"Seperti yang saya katakan di atas panggung malam itu, di atas segalanya saya senang membawa film ini ke Toronto. Ini adalah film paling pribadi yang pernah saya buat dan sambutan hangat dari semua orang di Toronto membuat kunjungan pertama saya ke TIFF begitu intim dan pribadi bagi saya dan seluruh keluarga Fabelman saya," kata Spielberg dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP yang disiarkan Ahad (18/9/2022).

Dipilih oleh penonton, kategori People's Choice Award di festival film terbesar di Amerika Utara itu telah menjadi penentu langkah awal Oscar. Pada 2020, film Nomadland karya Chlo Zhao yang memenangkan penghargaan ini, juga memenangkan film terbaik Academy Awards.

Spielberg, yang dianggap sebagai salah satu sutradara terbesar Hollywood, telah memenangkan tiga Academy Awards, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik untuk Schindler's List serta sutradara terbaik lagi untuk Saving Private Ryan. Sementara itu, film The Fabelmans dijadwalkan tayang di bioskop pada bulan November.

Spielberg telah dinominasikan untuk 19 Oscar hingga saat ini. Namanya kembali diharapkan akan menambah jumlah nominasi itu di Academy Awards tahun depan, yang diadakan pada 12 Maret di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sepuluh pemenang terakhir dari Toronto People's Choice Awards semuanya dinominasikan untuk film terbaik di Academy Awards, dengan tiga memenangkan Oscar, termasuk Green Book (2019). Film 12 Years a Slave (2013), The King's Speech (2010), dan Slumdog Millionaire (2008), semuanya juga memulai perjalanan mereka menuju kejayaan Oscar dengan memenangkan hadiah Toronto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement