Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

8 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mengagumi Sinar Terang Gabriel Jesus

Selasa 20 Sep 2022 01:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Gabriel Jesus dari Arsenal.

Gabriel Jesus dari Arsenal.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Torehan empat gol dan tiga assist telah dipersembahkan Jesus dari delapan penampilan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gabriel Jesus tidak hanya menjadi katalis buat Arsenal pada jendela transfer pada awal musim ini. Dengan gelontoran dana transfer sebesar 45 juta poundsterling, Jesus menjadi rekrutan pemain bintang pertama The Gunners pada musim panas tahun ini. Perekrutan penyerang asal Brasil itu kemudian diikuti dengan pembelian Oleksandr Zinchenko, yang sama-sama diboyong dari Manchester City. Status Jesus sebagai pemain bintang pun diiringi dengan ekpektasi besar. 

Penyerang berusia 25 tahun itu diharapkan bisa langsung memberikan dampak pada performa The Gunners, yang kembali gagal finish di empat besar Liga Primer Inggris musim lalu. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sempat mengakui adanya ekpektasi ataupun tekanan terhadap Jesus. Namun, Arteta menegaskan optimisme terkait kemampuan pemain kelahiran Sao Paolo itu untuk menjawab ekpektasi dan tekanan tersebut. Ini tidak terlepas dari peran yang diemban Jesus.

Baca Juga

''Peran Gabby (Jesus) di tim ini sedikit berbeda dibanding di City. Hal itu tentu akan membutuhkan adaptasi dan waktu. Hingga sejauh ini, dia beradaptasi dengan baik. Kami pun terkejut dengan kemampuan adaptasinya,'' ujar Arteta seperti dikutip Sky Sports, awal Agustus silam. 

Kerap ditempatkan di sejumlah posisi di lini serang kala masih berseragam City, mulai dari winger hingga penyerang, Jesus lebih fokus ditempatkan sebagai penyerang tengah bersama The Gunners. Posisi nomor pungung sembilan ini agaknya begitu sesuai dengan gaya permainan Jesus. Kurang lebih dua bulan setelah resmi mengenakan seragam Arsenal, Jesus sudah mampu tampil sebagai andalan baru The Gunners. 

Torehan empat gol dan tiga assist telah dipersembahkan Jesus dari delapan penampilan di semua ajang pada awal musim ini. Semua gol dan assist yang ditorehkan Jesus itu dicatat di Liga Primer Inggris. Nyaris tidak pernah absen di pentas Liga Primer Inggris pada awal musim ini, Jesus menunjukan performa terbaiknya saat mengantarkan Arsenal membungkam Leicester City, 4-2, pertengahan Agustus silam. 

Dalam laga di Stadion Emirates tersebut, mantan winger Palmeiras itu mencetak dua gol dan dua assist. Jesus pun terpilih sebagai pemain terbaik di laga tersebut. Prestasi serupa ditorehkan Jesus saat Arsenal mencukur Brentford, 3-0, akhir pekan lalu. Menyumbang satu gol, tepatnya pada menit ke-28, Jesus terpilih sebagai man of the match

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan Arsenal kembali memimpin klasemen sementara Liga Primer Inggris. Klub asal London Utara itu unggul satu poin dari Manchester City, yang sempat mengambil alih posisi puncak klasemen buntut kemenangan atas Wolverhampton Wanderers, 3-0, sehari sebelumnya. 

Dengan koleksi 17 poin dari tujuh laga, Arsenal mengemas enam kemenangan dan satu kekalahan. Terlepas dari kekalahan dari Manchester United, dua pekan lalu, The Gunners terbukti bisa langsung kembali ke jalur kemenangan dan memberikan persaingan ketat buat juara bertahan kompetisi, The Citizens. 

Gagal finish di empat besar musim lalu, The Gunners langsung mampu tampil apik pada awal musim ini. Kondisi ini tidak terlepas dari kontribusi sejumlah pemain anyar, terutama Jesus. Kontribusi Jesus bukan hanya torehan gol ataupun keterlibatannya secara langsung dalam proses gol The Gunners. 

Penyerang legendaris timnas Inggris, Alan Shearer, menggambarkan dengan begitu jitu peran Jesus di Arsenal. Pergerakan dan kehadiran Jesus dinilai dapat menjadi teror buat lini belakang tim lawan sekaligus melengkapi permainan The Gunners. 

''Jesus menjadi bagian penting dalam apa yang terjadi di Arsenal saat ini. Ini bukan soal gol atau kreativitas. Energi yang tidak habis-habis dan kemauannya untuk berlari di belakang lini belakang memiliki peran penting,' tulis Shearer dalam kolomnya di BBC Sports International.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile