Selasa 20 Sep 2022 18:06 WIB

Berbahaya Bagi Jantung, Dokter tak Sarankan Olahraga Berlebihan

Seperti apa olahraga yang baik untuk kesehatan jantung?

Red: Reiny Dwinanda
Jogging (ilustrasi). Olahraga berlebihan dapat memicu timbulnya radikal bebas secara berlebihan yang dapat merusak jantung.
Foto: Republika/Prayogi
Jogging (ilustrasi). Olahraga berlebihan dapat memicu timbulnya radikal bebas secara berlebihan yang dapat merusak jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) dr Michael Triangto SpKO tidak menganjurkan masyarakat untuk melakukan olahraga secara berlebihan. Sebab, aktivitas tersebut dapat menimbulkan risiko yang berbahaya bagi jantung.

Dr Michael menjelaskan bahwa olahraga berat yang dilakukan berlebihan dapat menghasilkan radikal bebas, yang dalam batas tertentu menjadi tidak baik bagi tubuh. Radikal bebas tersebut juga bisa membahayakan jantung.

Baca Juga

"Hal ini (olahraga berlebihan) dapat menimbulkan radikal bebas yang sangat berlebihan yang dampaknya malah merusak jantung," kata dr Michael saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Dr Michael mengatakan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung sebetulnya olahraga yang bersifat kardio atau aerobik. Olahraga dilakukan dengan gerakan berulang-ulang, intensitas ringan, dan waktu melakukannya panjang atau berkelanjutan.

Jenis olahraga kardio di antaranya termasuk berjalan kaki, bersepeda, berenang, naik gunung, jogging atau lari santai. Berlari dalam intensitas biasa atau sedang juga bisa menjadi alternatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement