Pantau Pembagian BLT BBM, Ridwan Kamil: Tak Terjadi Penumpukan Antrean 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto

Petugas mencocokkan data warga penerima manfaat saat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM).
Petugas mencocokkan data warga penerima manfaat saat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM). | Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau proses pembagian Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) di Kantor Pos, Jalan Lapangan Multiguna, Kota Bekasi, Selasa (20/9/2022). Gubernur menilai sistem pembagian BLT di kantor pos yang melayani dua wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi itu sudah canggih dan tak ada penumpukan antrean. 

"Saya diminta pemerintah pusat untuk mengawasi pembagian BLT. Saya lihat sistem pembagian BLT di sini sudah sangat canggih," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Kantor pos tersebut setiap harinya melayani rata-rata 1.000 orang per hari untuk pengambilan BLT. Warga yang datang terlebih dulu diperiksa KTP dan kartu keluarga. Petugas kemudian memverifikasi sebelum bantuan diserahkan. 

"Di sini ada 1.000-an per hari bisa dilaksanakan. Tadi saya pantau ada yang bawa kartu keluarga, KTP dicek dulu, diverifikasi, mereka antre, lalu dibayar dan difoto," katanya.

Adapun nominal BLT BBM tahap pertama ini sebesar Rp 500 ribu per orang. Tahap dua sebesar Rp 300 ribu. 

Menurut Emil, total penerima manfaat BLT BBM di Jabar sebesar hampir 20 persen penduduk. Diharapkan, bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi masyarakat. 

"Tahap pertama ini Rp 500 ribu dan tahap kedua Rp 300 ribu. Mudah-mudahan membantu mengurangi tekanan ekonomi. Di Jabar hampir 20 persen warga dibantu oleh BLT," katanya. 

 

Terkait


Ganjar Tegaskan Polisi Perlu Turun Bila Ada Laporan BLT Disunat

BLT BBM di Kota Bandung Tersalurkan 89 Persen, Dinsos: Sisa 10.885 KPM

Dapat Laporan BLT BBM Disunat, Begini Reaksi Ganjar

Akademisi Sebut Update Data Penerima BLT Diperlukan demi Tepat Sasaran

Pemerintah Perlu Pikirkan Solusi Jangka Panjang Atasi Kenaikan BBM

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image
Light Dark