Selasa 20 Sep 2022 20:04 WIB

Fernandes Tepis Anggapan Performa MU dan Dirinya Turun Gara-Gara Ronaldo

Fernandes menilai dia hanya belum menampilkan performa terbaik, bukan soal Ronaldo.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pemain Manchester United  Bruno Fernandes (kiri) dan Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Pemain Manchester United Bruno Fernandes (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bruno Fernandes membantah anggapan yang menyebut kalau Manchester United (MU) dan dirinya menjadi buruk ketika Cristiano Ronaldo bermain. Kedua pemain bintang itu merupakan rekan satu tim, baik di level klub maupun internasional.

Performa Fernandes menurun sejak Ronaldo kembali ke Old Trafford pada musim panas tahun lalu. Setelah mengantongi 29 gol dan memberikan 19 assist dalam 53 penampilan pertamanya sejak bergabung pada Januari 2020, catatan itu menurun drastis setelah Ronaldo bergabung. Dia hanya mencetak delapan gol dan tujuh assist dalam 40 pertandingan di Liga Inggris. 

Baca Juga

Anjloknya performa Fernandes itu berbarengan dengan merosotnya penampilan MU musim lalu, dengan hanya finis di peringkat enam. Padahal, tiga musim sebelumnya United selalu berakhir di posisi tiga besar.

Ronaldo baru sekali jadi starter di Liga Inggris musim ini, ketika MU kalah 4-0 dari Brentford. Mantan pemain Juventus itu hanya menjadi pemain pengganti dalam empat pertandingan sejak United mengamankan 12 poin dari empat pertandingan. Fernandes mencetak satu gol dan satu assist dalam empat laga tersebut.

Namun Fernandes menegaskan kalau turun drastisnya kontribusinya untuk MU, baik dalam gol maupun assist, tidak ada hubungannya dengan kehadiran Ronaldo. Menurutnya, sebagian besar assist-nya musim lalu diberikan untuk CR7. Sehingga anggapan tersebut dianggapnya tidak adil. 

''Sebelum dia datang, saya juga mengambil penalti. Namun saya memiliki dua peluang untuk mengambil penalti musim lalu dan keduanya gagal. Jadi saya tidak bisa menyalahkan Cristiano karena mengambil penalti, terutama karena dia mencetak gol,'' kata Fernandes dalam wawancara dengan the Athletic, dikutip dari Mirror, Selasa (20/9/2022).

Menurut Fernandes, ketika ia gagal mencetak penalti melawan Arsenal pada April, justru Ronaldo yang memberinya bola dan memintanya mencetak gol. 

"Saya gagal tetapi saya merasa dia mempercayai saya untuk menjadi orang yang melangkah dan mencetak gol di momen besar. Jadi saya tidak berpikir itu karena Cristiano, itu karena saya tidak melakukan yang terbaik dalam diri saya dalam beberapa saat untuk mendapatkan gol atau assist," kata Fernandes,

Eks pemain Sporting CP ini melanjutkan, di timnas Portugal keduanya bermain. Ketika Fernandes mencetak gol, CR7 ada di lapangan. 

"Bermain dengan Cristiano sebagai nomor 10 sebenarnya sangat bagus karena para pemain sangat menghormati Cristiano. Itu menciptakan lebih banyak ruang, karena lawan takut dia mengambil bola dan mencetak gol,"ungkap Fernandes.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement