Rabu 21 Sep 2022 00:27 WIB

NASA Minta Proposal Pendarat Bulan Kedua untuk Astronaut Artemis

SpaceX menjadi pendarat untuk program pertama misi pendaratan Artemis 3.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Badan Antariksa Amerika (NASA) meminta industri swasta menyumbang ide untuk astronaut pendarat bulan lainnya.
Foto: AP/John Raoux
Badan Antariksa Amerika (NASA) meminta industri swasta menyumbang ide untuk astronaut pendarat bulan lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) meminta industri swasta menyumbang ide untuk astronaut pendarat bulan lainnya. Badan antariksa bekerja untuk membangun kehadiran manusia jangka panjang di dan di sekitar bulan pada akhir 2020-an, melalui program yang disebut Artemis.

Pada 2021, NASA mengumumkan bahwa mereka telah memilih SpaceX Starship sebagai pendarat untuk program pertama misi permukaan dengan awak, Artemis 3. Misi ini dijadwalkan mendarat di dekat kutub selatan bulan pada 2025 atau 2026.

Baca Juga

Pada Maret tahun ini, pejabat badan tersebut mengatakan bahwa mereka berencana untuk mendorong pengembangan pendarat berawak kedua untuk Artemis, untuk memberikan redundansi dan ketahanan untuk program tersebut. Rencana itu menjadi resmi pada Sabtu (17/9/2022), ketika NASA mengeluarkan permintaan proposal dari perusahaan swasta.

“Pekerjaan yang dilakukan di bawah ajakan ini, selain pengembangan pendarat saat ini dan studi yang sedang berlangsung, akan membantu membangun fondasi untuk eksplorasi ruang angkasa jangka panjang,” Lisa Watson-Morgan, manajer program untuk Program Sistem Pendaratan Manusia di Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA Center di Alabama, mengatakan dalam sebuah pernyataan, Sabtu (17/9/2022), dilansir dari Space, Selasa (20/9/2022).

“Bermitra dengan perusahaan Amerika untuk melakukan pekerjaan itu sekarang memungkinkan kami untuk memanfaatkan pengetahuan dan keahlian NASA untuk mendorong inovasi teknologi untuk kehadiran yang berkelanjutan di bulan,” kata Watson-Morgan.

NASA mengeluarkan rancangan ajakan baru pada 31 Maret dan mengadakan “hari industri” virtual tentang hal itu pada April sebelum merilis panggilan terakhir pada Sabtu (17/9/2022), kata pejabat badan tersebut. Proposal akan jatuh tempo pada 15 November tahun ini. Perusahaan yang dipilih berdasarkan kontrak akan diminta untuk melakukan dua penerbangan demonstrasi ke permukaan bulan, satu tidak berawak dan satu berawak.

Kontrak yang telah dimiliki SpaceX dengan NASA memiliki persyaratan serupa; penerbangan uji awak adalah bagian dari misi Artemis 3. Meskipun SpaceX tampaknya tidak akan diizinkan untuk menawar kontrak baru, NASA ingin Starship menjadi bagian dari program Artemis dalam jangka panjang.

Pejabat NASA mengatakan dalam pernyataan Sabtu (17/9/2022) bahwa mereka berencana untuk menggunakan opsi dalam kontrak SpaceX yang ada, meminta perusahaan untuk mengembangkan desain Artemis 3 Starship “untuk memenuhi serangkaian persyaratan yang diperpanjang untuk mempertahankan misi di bulan dan melakukan pendaratan demonstrasi awak lainnya.”

Program Artemis dapat meningkat pesat dalam hitungan hari. NASA sedang bersiap-siap untuk program uji terbang pertama, Artemis 1, yang akan menggunakan roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa untuk mengirim kapsul Orion dalam perjalanan tanpa awak ke orbit bulan dan kembali.

Artemis 1 awalnya seharusnya diluncurkan pada 29 Agustus, tetapi gangguan teknis mendorong upaya lepas landas beberapa kali. Agensi saat ini menargetkan 27 September untuk peluncuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement