Rabu 21 Sep 2022 06:53 WIB

Jenis Roti Ini Bisa Tampak Bisa Turunkan Kolesterol Jahat dalam Empat Pekan

Dibandingkan roti putih, roti yang satu ini dinilai lebih menyehatkan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Roti tawar (ilustrasi). Roti kentang dinilai lebih ramah untuk penderita kolesterol tinggi dibandingkan roti putih.
Foto: Pixabay
Roti tawar (ilustrasi). Roti kentang dinilai lebih ramah untuk penderita kolesterol tinggi dibandingkan roti putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi bisa menimbulkan penyakit serius. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, timbunan lemak dapat menyumbat di pembuluh darah dan meningkatkan ancaman serangan jantung dan strok.

Kabar baiknya, makan jenis roti tertentu bisa membantu. Kentang dan roti sama-sama sering mendapat rapor buruk dalam hal efek kesehatannya.

Baca Juga

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kentang terkait dengan diabetes tipe 2 karena memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks ini merupakan ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan gula darah Anda.

Di sisi lain, beberapa penelitian menemukan bahwa proses panjang dalam memasak, seperti dalam pembuatan roti kentang, kali bisa meningkatkan pati resisten pada kentang sebesar 10 persen. Pati resisten adalah molekul yang menolak pencernaan dengan cara yang mirip dengan serat. Zat ini sering dikonsumsi untuk membantu mengelola kadar glukosa.

SFGATE melaporkan bahwa roti kentang juga mengandung lebih banyak zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium daripada roti putih. Dilansir dari Express, Selasa (20/9/2022), studi terbaru menemukan bahwa roti kentang menurunkan kolesterol LDL sebesar 0,22 mmol/L. Menurut badan amal Heart UK, kadar kolesterol ini harus tetap di bawah 3mmol/L.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement