Rabu 21 Sep 2022 13:45 WIB

Studi: Jam Tidur Remaja Kacau karena Nonton YouTube

YouTube satu-satunya platform yang konsisten berikan efek negatif pada jam tidur.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
YouTube satu-satunya platform yang konsisten berikan efek negatif pada jam tidur.
Foto: www.freepik.com.
YouTube satu-satunya platform yang konsisten berikan efek negatif pada jam tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru menemukan beberapa aplikasi cenderung membuat remaja tetap terbangun. Ini menyebabkan masalah pada jam tidur mereka. Hasil dari studi yang muncul dalam jurnal Sleep Medicine, menemukan, pengguna YouTube mengalami efek negatif yang konsisten pada jam tidurnya.

"Kami telah melihat remaja yang memiliki masalah tidur di klinik kami. Banyak dari mereka telah mencoba menahan diri untuk tidak menggunakan gawai, tetapi itu tidak berhasil. Banyak dari mereka menyebut akan menonton YouTube ketika mereka mencoba untuk tertidur," kata rekan penulis sekaligus kepala ilmu tidur di Sleep Cycle di Adelaide, Australia, Michael Gradisar.

Baca Juga

Lewat penelitian ini, Gradisar ingin mengetahui seberapa banyak aplikasi yang harus dihindari agar remaja bisa menggunakan gawai mereka dengan cara yang sehat dan tidak memengaruhi pada jam tidur. Untuk penelitian ini, para peneliti bertanya ke lebih dari 700 anak berusia 12 hingga 18 tahun berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk bermain gawai. Itu termasuk ponsel, konsol game dan TV, serta aplikasi.

Berdasarkan temuan penelitian, YouTube merupakan satu-satunya platform yang secara konsisten memberikan efek negatif pada jam tidur. Untuk setiap 15 menit yang dihabiskan remaja untuk menonton YouTube, mereka memiliki peluang 24 persen lebih besar untuk mendapatkan waktu tidur kurang dari tujuh jam. Menonton YouTube dan menggunakan konsol game dikaitkan dengan peluang lebih besar untuk mengurangi jam tidur.

Dilansir Medical Xpress, Rabu (21/9/2022), untuk mengatasi masalah ini, Gradisar merekomendasikan orang tua agar menerapkan penggunaan teknologi baik untuk pola tidur anak.

“Kami sering merekomendasikan agar orang melakukan eksperimen mereka dengan penggunaan teknologi sebelum tidur. Temukan sesuatu yang menyenangkan sehingga anak Anda tidak merasakan hubungan buruk dengan pola tidur. Teknologi yang Anda gunakan harus santai, tetapi juga waspada jika itu mengendalikan waktu tidur anak,” tambahnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

(QS. An-Nur ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement