Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Lima Sutradara Keren yang Kuasai Berbagai Genre Film di Hollywood

Rabu 21 Sep 2022 14:41 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Sutradara Hollywood yang menguasai berbagai genre film. (ilustrasi)

Sutradara Hollywood yang menguasai berbagai genre film. (ilustrasi)

Foto: www.pixabay.com
Beberapa sutradara berikut menguasai lebih dari satu genre.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sutradara biasanya diasosiasikan dengan satu genre tertentu. Martin Scorsese misalnya, dikenal sebagai sutradara film bertema gangster.

Jordan Peele dikenal karena menyutradarai film-film horor yang sadar sosial. Alfred Hitchcock terkenal karena film thriller-nya, David Lynch terkenal karena film horor surealisnya, dan Guillermo del Toro terkenal karena memadukan fantasi gelap dengan komentar sosial.

Baca Juga

Namun, beberapa sutradara telah menguasai lebih dari satu genre. Dari Quentin Tarantino hingga Stanley Kubrick, banyak pembuat film legendaris telah menyumbangkan karya klasik sepanjang masa ke berbagai genre. Berikut daftarnya seperti dilansir laman Gamerant, Rabu (21/9/2022):

1. Steven Spielberg

photo
Sutradara dan produser film Steven Spielberg. - (EPA-EFE/EDUARDO LIMA)
 

Steven Spielberg adalah master sejati dalam pembuatan film. Film terobosannya Jaws membentuk kembali seluruh industri film. Studio-studio Hollywood telah menghabiskan setengah abad terakhir untuk mencoba merebut kembali kesuksesan film thriller hiu Hitchcockian karya Spielberg.

Segala sesuatu yang disentuh Spielberg berubah menjadi genre emas. Raiders of the Lost Ark adalah film aksi-petualangan pamungkas. Close Encounters of the Third Kind adalah film UFO terbaik. Saving Private Ryan adalah film perang pemungkas. Jurassic Park adalah film monster terbaik.

Spielberg terus bereksperimen dengan genre hingga hari ini. Tahun lalu, dia menyutradarai musikal pertamanya dengan remake West Side Story yang memukau dan sangat sinematik yang dipuji sebagai peningkatan dari pendahulunya yang sangat dipuja.

2. Quentin Tarantino

photo
Quentin Tarantino. - (EPA-EFE/CHRISTIAN MONTERROSA )
 

Sejak masuk ke kancah indie pada 1990-an, Quentin Tarantino menjadi salah satu tokoh paling menonjol dalam genre sinema. Setelah memulai kariernya dengan trio thriller kriminal yang bergaya, seperti Reservoir Dogs, antologi komedi gelapnya Pulp Fiction, dan adaptasi Elmore Leonard yang kurang dihargai Jackie Brown, Tarantino mulai bereksperimen dengan kerangka genre yang berbeda. Epik aksi dua bagiannya Kill Bill menggabungkan beberapa genre yang berbeda menjadi satu dengan segmen anime dilemparkan untuk ukuran yang baik.

Tarantino selalu melakukan sesuatu yang benar-benar inventif dengan kerangka genre pilihannya. Death Proof adalah film carploitation yang disilangkan dengan film slasher tentang seorang stunt driver sadis yang membunuh wanita muda dengan mobil death-proof miliknya. Inglourious Basterds adalah film Perang Dunia II yang cukup berani untuk membunuh Adolf Hitler dengan cara satire. Django Unchained bercerita tentang seorang budak yang berubah menjadi pemburu hadiah.

3. Rob Reiner

photo
Sutradara Rob Reiner. - (EPA-EFE/ETIENNE LAURENT)
 

Di podcast Brett Goldstein "Films To Be Buried With", Rob Reiner sering disebut sebagai sutradara yang paling diremehkan sepanjang masa. Reiner memulai kariernya sebagai aktor di sitkom "All in the Family", tetapi dia kemudian mengambil kursi sutradara untuk melakukan pengambilan gambar pada proyeknya sendiri.

Film-filmnya sering dimasukkan dalam daftar film terbaik yang pernah dibuat, tetapi Reiner sendiri tidak mendapatkan penghargaan yang layak dia dapatkan. Reiner tidak hanya menyutradarai banyak film klasik yang dicintai secara universal, tapi dari berbagai genre yang beragam.

Stand by Me adalah mahakarya dari genre coming-of-age. When Harry Met Sally adalah mahakarya bergenre komedi romantis. Misery adalah mahakarya dari genre horor psikologis. The Princess Bride adalah mahakarya dari genre petualangan fantasi. This is Spinal Tap bukan hanya sebuah mahakarya dari genre mockumentary, tetapi juga salah satu entri awal yang mendefinisikan genre tersebut. Reiner telah mengarahkan banyak film solid dalam banyak genre berbeda.

4. Ridley Scott

photo
Sutradara Ridley Scott - (EPA)
 

Beberapa upaya penyutradaraan utama Ridley Scott termasuk dalam genre fiksi ilmiah, tetapi mereka masing-masing mengukir ceruk sebagai yang terbaik dari subgenre fiksi ilmiah tertentu. Film Alien membawa teror mendalam dari film rumah berhantu ke pesawat ruang angkasa, sementara Blade Runner membawa pencahayaan kontras tinggi dan cerita detektif yang matang dari film noir ke metropolis futuristik.

Sejak itu, Scott telah memimpin film yang dibuat dengan sangat baik dalam banyak genre berbeda. Dia menggabungkan film perjalanan teman dengan penjahat kriminal di Thelma & Louise. Dia menghidupkan kembali drama kolosal dengan Gladiator. Dia menghidupkan intensitas peperangan kontemporer di Black Hawk Down. Pada tahun lalu saja, dia menyutradarai drama abad pertengahan yang suram dan kisah komik pembunuhan dan pengkhianatan dalam dinasti mode.

5. Stanley Kubrick

photo
Sutradara Stanley Kubrick. - (www.tcm.com)
 

Setiap kali Stanley Kubrick mencoba genre film yang berbeda, dia akhirnya memberikan salah satu entri terhebat sepanjang masa dalam genre itu. Film 2001: A Space Odyssey adalah salah satu film fiksi ilmiah terbesar sepanjang masa.

Paths of Glory adalah salah satu film perang terbesar sepanjang masa. The Killing adalah salah satu film pencurian terbesar sepanjang masa. Kubrick membawa penonton kembali ke abad ke-18 dalam mahakarya setiap bingkai lukisannya Barry Lyndon dan membawa mereka maju ke masa depan distopian dalam adaptasi Anthony Burgess yang keren A Clockwork Orange.

Kubrick bahkan menyutradarai dua mahakarya dari genre paling naluriah, komedi dan horor. Dr Strangelove adalah salah satu satir politik paling lucu dan abadi yang pernah dibuat. Pengisahan ceritanya yang tajam dan pahit menangkap iklim Perang Dingin kontemporer dan tetap sama menggigit dan relevan hingga saat ini.

The Shining adalah salah satu film horor paling menakutkan yang pernah dibuat. Citranya yang meresahkan dan makna yang ambigu menjadikannya pengalaman yang sangat memesona. Tidak peduli berapa kali pemirsa menonton The Shining, mereka tidak akan pernah bisa memahaminya. Sebagian besar pembuat film yang mendedikasikan seluruh karir untuk komedi atau horor tidak bisa berharap untuk membuat film sehebat Dr. Strangeloveatau The Shining.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile